5 Bahan Pengganti Deterjen atau Sabun Cuci Alternatif

Memiliki perabotan rumah yang kotor atau telah usang tentunya membuat tidak nyaman untuk dilihat. Karena itu, barang-barang yang kotor tersebut harus segera dibersihkan. Manfaatkan bahan-bahan yang ada di kulkas untuk bersihkan perabot rumah yang kotor atau telah usang.

Untuk membersihkan perabotan rumah, selain dengan air juga biasanya kita akan menggunakan detergen atau sabun cuci. Namun ternyata, tidak melulu kita harus menggunakan detergen untuk membersihkannya, karena beberapa bahan lain pun bisa digunakan. Misalnya saja kita bisa menggunakan mayonese untuk membersihkan tumpahan kopi yang sudah mengerak di meja.

Bahan Pengganti Deterjen atau Sabun Cuci Alternatif

Sebagaimana yang dikutip dari laman TheDailyMeal, ada beberapa bahan makanan yang bisa kita manfaatkan sebagai pengganti detergen atau sabun pencuci. Berikut beberapa diantaranya:

1. Lemon

Lemon biasa digunakan sebagai minuman yang segar dan menyehatkan. Namun ternyata tidak hanya itu saja manfaat dari lemon, sifat air lemon yang asam sangat berpengaruh untuk membersihkan alat yang kotor karena minyak, biasanya kotoran ini melekat pada kompor dan alat masak. Selain itu lemon juga bisa dimanfaatkan untuk membuat perhiasan dari kuningan menjadi kembali bersinar.

2. Soda

Kandungan pada soda terbukti ampuh untuk mengangkat kotoran dan noda dalam sekejap. Soda juga bisa digunakan pada pakaian atau kain yang terkena kotoran, tuangkan sedikit soda pada bagian kain yang terkena noda, gosok perlahan dan kotoran akan hilang seketika. Namun pastikan soda yang digunakan adalah soda tanpa warna alias bening.

3. Cuka

Campur cuka dengan sedikit air perasan jeruk lemon, larutan ini bisa digunakan untuk membersihkan wastafle atau lantai kamar mandi. Campuran bahan dari lemon dan cuka juga bisa dimanfaatkan sebagai pembersih saluran air. Sisa makanan yang tersangkut di pipa pembuangan akan mudah dibersihkan dengan campuran cuka ini, tambahkan baking soda dan pipa saluran akan kembali lancar.

4. Bawang

Selain sebagai bumbu masakan, bawang juga bisa digunakan sebagai pembersih, khususnya pada alat panggangan. Caranya adalah dengan memotong bawang menjadi ukuran yang lebih kecil kemudian letakkan pada alat pemanggang dan biarkan apinya menyala kecil. Anda akan melihat dimana lemak secara perlahan akan hilang.

5. Mayones

Anda bisa membersihkan bercak kopi yang menempel di meja kesayangan dengan mayones. Caranya adalah dengan mengoleskan mayones pada meja yang terkena bercak kopi dan biarkan selama beberapa menit. Ambil kain basah dan gosok perlahan bagian yang tertutup mayones. Setelah itu kembali lap dengan kain kering dan anda akan mendapatkan meja kesayangan kembali bersih.

Nah, menarik bukan? Silahkan dicoba bahan-bahan pengganti detergen atau sabun cuci di atas untuk membersihkan barang atau perabot rumah kesayangan anda.

loading...
Loading...
pengganti deterjen alami, cara membuat deterjen alami, tanaman pengganti detergen, deterjen dari bahan alami, bahan alami pengganti deterjen, pengganti detergent

5 Bahan Pengganti Deterjen atau Sabun Cuci Alternatif | akbar | 4.5