5 Bahan Alami untuk Mengobati Sakit Tenggorokan yang Bisa Dicoba

Kebanyakan makan makanan yang banyak mengandung pemanis buatan bisa menjadi salah satu penyebab sakit tenggorokan. Saat sakit tenggorokan datang, tentulah rasanya sangat menyiksa hingga terkadang dapat mengganggu aktivitas.

Salah satu cara mengobati sakit tenggorokan yang cukup populer adalah jahe. Kandungan pada jahe yang bersifat anti-inflamasi dan antibakteri membuatnya fungsi untuk menyembuhkan beragam gangguan kesehatan, termasuk adalah untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Selain jahe, masih ada beberapa bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan.

1. Berkumur dengan air garam

Air garam bisa membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan pada selaput lendir, serta mengeluarkan dahak. Cukup dengan cara melarutkan satu sendok teh garam dengan secangkir air hangat lalu digunakan untuk berkumur. Anda bisa berkumur dengan larutan garam tersebut minimal 3-4 kali dalam sehari untuk mengobati rasa sakit tenggorokan.

2. Jahe

Selain menghangatkan tubuh, jahe juga bisa bermanfaat untuk mengobati sakit tenggorokan. Ini karena jahe bersifat anti-inflamasi dan antibakteri yang membantu melonggarkan penumpukan lendir yang menyumbat tenggorokan dan hidung. Anda bisa menyeduh potongan jahe ke dalam teh hangat untuk membantu meringankan sakit tenggorokan. Atau bila anda suka, anda juga bisa mengunyah potongan jahe segar dalam sekali waktu untuk mengurangi rasa sakit yang menyiksa.

3. Sup ayam panas

Selain kandungan nutrisinya cukup tinggi, sup ayam juga bisa melawan penyakit, salah satunya adalah bisa meredakan sakit tenggorokan dan menghangatkan tubuh ketika musim hujan.

4. Lemon tea madu

Anda juga bisa membuat racikan lemon tea hangat yang dicampur dengan madu untuk meredakan sakit tenggorokan. Minuman lemon tea madu adalah minuman yang bersifat antibakteri yang bisa meredakan rasa sakit tenggorokan yang menusuk.

5. Memperbanyak minum air putih atau jus

Saat sakit tenggorokan datang menyerang, tenggorokan butuh tingkat kelembaban yang lebih untuk membasahinya. Selain minum banyak air putih atau jus, ada baiknya juga bila anda mengaplikasikan air hangat sebagai uap yang bisa anda hirup sedalam-dalamnya.

loading...
Loading...
5 Bahan Alami untuk Mengobati Sakit Tenggorokan yang Bisa Dicoba | lawas | 4.5