5 Asupan Makanan untuk Penderita Diabetes

Menjaga asupan makanan sangat penting dilakukan oleh mereka yang menderita diabetes. Salah mengonsumsi makanan bisa menyebabkan penyakit diabetes bertambah semakin parah.

Diabetes sendiri merupakan penyakit kelainan metabolik yang disebabkan oleh berbagai faktor dengan simtoma berupa hiperglikemia kronis dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein.

Adapun makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes diantaranya:

1. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang sangat bagus dikonsumsi oleh penderita diabetes. Brokoli mengandung senyawa sulforaphane. Senyawa tersebut dapat memicu proses anti-inflamasi yang meningkatkan kontrol gula darah dan melindungi pembuluh darah dari kerusakan jantung yang seringkali menjadi konsekuensi diabetes. Sulforaphane juga dapat meningkatkan mekanisme detoksifikasi alami tubuh.

2. Cokelat Hitam

Cokelat hitam kaya akan kandungan flavonoid, berdasarkan penelitian nutrisi ini dapat berfungsi mengurangi resistensi insulin, meningkatkan sensitivitas insulin, menurunkan kadar insulin dan glukosa dalam darah. Flavonoid dalam cokelat juga telah terbukti menurunkan resiko stroke, menjaga tekanan darah dan mengurangi risiko serangan jantung sebesar 2% lebih dari 5 tahun.

3. Minyak Zaitun

Menurut studi terbaru di Spanyol mengungkapkan, minyak zaitun dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebanyak 50% jika dibandingkan dengan diet rendah lemak. Sumbar lemak tak jenuh ini juga kaya akan nutrisi antioksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan dan mencegah penyakit jantung.

4. Ikan

Ikan kaya akan protein yang dapat membantu Anda mendapatkan berat badan ideal. Ribuan studi menujukkan bahwa orang dengan kadar asam lemak tinggi berakibat peradangan yang akan mengarah dan memperburuk penyakit diabetes dan masalah berat badan. Diet ikan juga dapat mengurangi risiko terkena masalah kesehatan terutama stroke sebagai dampak diabetes yang diderita.

5. Bayam

Menurut penelitian di Inggris bayam merupakan salah satu sayuran yang telah terbukti menurunkan risiko penyakit diabetes. Sayuran ini kaya akan vitamin K serta mineral termasuk magnesium, folat, kalium, forfor dan seng yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan bagi penderita diabetes.

Selain dengan mengonsumsi makanan di atas, penderita diabetes juga harus menghindari makanan yang bisa menyebabkan kambuhnya atau meningkatnya gula darah, misalnya adalah makanan yang manis.

Demikian sedikit informasi tentang makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Semoga bermanfaat.

loading...
About these ads

Loading...
5 Asupan Makanan untuk Penderita Diabetes | lawas | 4.5