5 Alternatif Modal Usaha yang Bisa Kamu Coba

Hal utama yang perlu dipersiapkan saat akan menjalankan usaha adalah modal, karena modal merupakan suatu pondasi terpenting ketika usaha akan dibangun. Namun modal bukan berarti hanya uang, masih ada modal lain yang dibutuhkan. seperti pengalaman, keberanian, jaringan dan juga pengetahuan tentang usaha yang akan dibangun.

Maraknya program pinjaman dari bank dan juga pinjaman non bank membuat kamu tidak perlu kuatir. Saat ini banyak terdapat fasilitas pinjaman dana tunai tanpa jaminan yang membuat kamu bisa mendapatkan dana segar tanpa perlu stress. Pinjaman dana tunai tanpa jaminan itu akan membantumu membangun kerajaan bisnismu yang sudah kamu cita-citakan.

Namun ada beberapa cara sebelum kamu memutuskan kepada siapa akan mencari modal usaha, termasuk juga pinjaman dana tunai tanpa jaminan. Ada baiknya telusuri kendala yang sering dihadapi para calon pemohon pinjaman. Sehingga kamu tidak salah untuk memutuskannya.

Berikut lima alternatif untuk mendapatkan modal usaha yang mungkin bisa kamu lakukan:

1. Mencari Investor

Cara ini merupakan salah satu kerjasama dengan pihak lain. Kemungkinan kamu akan mendapatkan bantuan pinjaman dana tunai tanpa jaminan tambahan dari pihak ketiga. Perlu diketahui beberapa investor biasanya tidak ikut terjun kedalam bisnis yang kamu jalankan.

Seorang investor hanya akan memberikan modal dan menerima pembagian hasil keuntungan dari dana yang telah dikucurkan. Untuk itu sebaiknya kamu dan investor membuat suatu perjanjian secara tertulis sebelum menjalin kerja sama. Semua itu untuk menghindari tidak ada yang merasa saling dirugikan bila terjadi sesuatu.

2. Pinjam ke Bank

Pihak bank juga merupakan salah satu cara yang bisa kamu jadikan alternatif mendapatkan modal usaha. Namun perlu diketahui pihak bank akan meminta suatu jaminan sebagai syarat agar dana yang kamu butuhkan bisa didapatkan.

Tetapi jangan kuatir ada bentuk pinjaman lain dari bank yang tidak membutuhkan suatu jaminan apapun. Program bank tersebut dikenal dengan istilah Kredit Tanpa Agunan (KTA). Keuntungan yang kamu peroleh bila meminjam di bank adalah mendapatkan modal yang kamu butuhkan. Juga pembayarannya dapat diangsur alias dicicil.

3. Dana sendiri

Hal ini yang terbaik bagi kamu yang memiliki tabungan. kamu tidak perlu susah mencari pinjaman kemana-mana. Karena dengan dana yang kamu miliki dapat digunakan untuk modal yang akan dirintis.

Kamu fokus dengan usaha yang kamu dirikan, tidak perlu berpikir untuk mencicilnya. namun apabila dana yang dibutuhkan belum mencukupi, kamu bisa menjual aset berharga yang lain yang kamu miliki. Seperti emas atau perhiasaan lain, ingat untuk mendapat kesuksesan butuh pengorbanan yang tak sedikit. Dengan menjual aset, kamu sekaligus berinvestasi untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar apabila usaha yang kamu bangun sukses.

4. Hibah Perusahaan

Cara ini juga bisa kamu pakai untuk modal usaha yang kamu kamu rintis. Biasanya perusahaan besar baik swasta atau pemerintah, memiliki anggaran untuk membantu membangun masyarakat disekitar perusahaan tersebut berdiri. Atau lebih dikenal dengan program CSR (Corporate Social Responsibility).

Alangkah baiknya usaha yang kamu dirikan berhubungan dengan program CSR perusahaan tersebut. Karena kemungkinan besar kamu akan mendapatkan modal sekaligus pekerjaan bagi usaha yang kamu bangun.

5. Leasing

Hal ini sangat tepat bagi kamu yang akan memulai usaha dibidang transportasi. Karena perusahaan leasing adalah program pendanaan yang diberikan oleh suatu lembaga keuangan. Namun bentuk dari dana yang dikucurkan bukan berbentuk uang. Tetapi dalam bentuk aset yang bergerak untuk perusahaan, seperti kendaraan bermotor.

Mencari modal usaha, terutama yang berbentuk pinjaman dana tunai tanpa jaminan, memang tidak mudah, tetapi kalau kamu tahu caranya pasti kamu akan banyak mendapatkan alternatif yang menguntungkan. Jangan lupa untuk selalu serius dengan usaha yang kamu lakukan.

Artikel ditulis oleh Halomoney.co.id, situs perbandingan produk keuangan nomor 1 di Indonesia.

loading...
Loading...
5 Alternatif Modal Usaha yang Bisa Kamu Coba | akbar | 4.5