4 Tips Cara Aman Minum Kopi di Pagi Hari yang Harus Anda Lakukan

Minum kopi menjadi salah satu rutinitas di pagi hari yang banyak dilakukan orang masa kini. Salah satu alasannya adalah karena minum kopi di pagi hari bisa menjadi pemacu semangat dalam beraktivitas.

Manfaat minum kopi bukan tanpa alasan. Bahkan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh National Cancer Institute (NCI) pada Mei 2012 silam, diketahui bahwa kopi berdampak positif untuk kesehatan. Dengan mengkonsumsi kopi diyakini dapat menurunan risiko penyakit kanker lever, kanker payudara, insulin atau estrogen, kanker prostat dan penyakit obesitas.

Cara Aman Minum Kopi di Pagi Hari

Sementara itu, dikutip dari laman Times.com bahwa pagi hari sebenarnya merupakan waktu terburuk untuk mendapatkan manfaat kopi. Hal ini karena pada pagi hari, kadar kortisol pada tubuh seseorang sedang tinggi-tingginya. Sementara itu kandungan kafein dalam kopi juga bisa mengganggu kesehatan seseorang.

Selama dikonsumsi dalam batas yang wajar, minum kopi tentu aman-aman saja dilakukan. Lantas, adakah cara aman minum kopi di pagi hari?

Laman Timesofindia menyebutkan bahwa ada tata cara minum kopi yang aman di pagi hari, terutama untuk mencegah masalah pencernaan. Berikut beberapa penjelasannya yang bisa anda perhatikan:

1. Tidak minum kopi sebelum jam 10.00
Orang yang baru bangun tidur di pagi hari akan mengalami peningkatan produksi hormon kortison. Hormon tersebut dalam memicu stres berlebihan yang tentunya bakal mengganggu aktivitas anda. Selain itu, minum kopi sebelum jam 10.00 juga bisa mengganggu pencernaan, apalagi dalam kondisi perut kosong.

2. Gunakan cangkir kecil
Para peneliti telah membuktikan bila seseorang yang menyeruput secangkir kopi dengan ukuran kecil setelah pukul 10.00 bisa membangkitkan mood baik. Dengan demikian anda akan merasa lebih semagat untuk memulai aktivitas hari itu.

3. Minum air putih setelah ngopi
Minum air putih setelah ngopi di pagi hari sangat dianjurkan. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga agar ginjal tetap sehat dan terhindar dari ancaman diuretik yang ada dalam kafein.

4. Tidak perlu ditambah susu dan pemanis
Anda bisa menyeruput kopi hitam saja di pagi hari. Sebaiknya, jangan minum kopi berbasis latte karena menyulitkan pencernaan Anda, sehingga rentan menimbulkan sembelit.

Nah, dengan menerapkan tips tersebut, maka anda tidak perlu khawatir akan bahaya dari minum kopi di pagi hari. Itulah beberapa tips cara aman minum kopi di pagi hari yang bisa diterapkan dalam minum kopi yang biasa anda lakukan di pagi hari.

loading...
Loading...
4 Tips Cara Aman Minum Kopi di Pagi Hari yang Harus Anda Lakukan | akbar | 4.5