4 Penyebab Susah Buang Air Besar

Bermasalah dengan susah buang air besar atau yang dikenal juga dengan istilah sembelit tentu membuat perasaan jadi tidak nyaman. Mau beraktivitas pun sepertinya jadi kurang nyaman.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan susah buang air besar, misalnya karena kurangnya konsumsi cairan. Berikut ini beberapa diantaranya sebagaimana yang dikutip dari laman Womenshealthmag:

1. Dehidrasi
Dehidrasi bisa menyerang siapa saja, terutama saat musim kemarau. Bila anda banyak mengkonsumsi makanan berserat di saat sedang dehidrasi, maka akan berpotensi mengganggu sistem pencernaan, sehingga menyebabkan sembelit. Karena itulah, maka anda perlu menyeimbangkan dalam menyantap makanan berserat dan cukup minum air putih.

2. Masa penyembuhan usai operasi
Setelah melakukan operasi, sisa-sisa nyeri di bagian perut masih terasa. Sebagian orang bisa mengkonsumsi obat penghilang nyeri, namun biasanya akan memberikan efek pada rasa sembelit. Bila anda mengalami masalah ini, maka secepatnya lakukan konsultasi kepada dokter agar tidak menjadi penyakit jangka panjang.

loading...

3. Kurangnya asupan gizi yodium
Istilah ini lebih dikenal dengan Hipotiroidisme. Jika beragam masalah penyebab sembelit terungkap, seharusnya dokter juga memeriksa fungsi tiroid. Sebuah tiroid berfungsi untuk melepaskan hormon yang terkait dengan proses dalam tubuh, termasuk sistem pencernaan. Tanpa hormon yang penting, usus tidak bisa bekerja dengan benar sehingga membuat anda susah BAB.

4. Mengalami penyakit kronis
Bila anda bermasalah terus-menerus dengan sembelit, maka dikhawatirkan anda terkena diagnosis gangguan pencernaan seperti Irritable Bowl Syndrome (IBS), yakni berupa diare atau sembelit dominan.

Untuk mengurangi masalah ini, anda harus makan makanan yang sehat, minum banyak air serta menyantap makanan yang mengandung 25 gram serat setiap hari. Ada dua bentuk serat, yaitu serta larut dan tidak larut. Serat yang bisa larut dalam air seperti apel, gandum dan kacang-kacangan. Sementara serat yang tidak bisa larut, yakni gandum, brokoli dan sayuran hijau tua.

loading...
Loading...
4 Penyebab Susah Buang Air Besar | lawas | 4.5