4 Penyebab Rambut Rusak

Rambut rusak menjadi salah satu masalah yang sering dialami oleh kaum wanita. Tekstur rambut yang kasar, kering dan pecah-pecah menjadi tanda-tanda dari kerusakan rambut yang mudah diketahui.

Pemakaian alat styling seperti blow dry dan catokan sering dianggap sebagai penyebab utama yang membuat rambut rusak. Padahal tidak hanya itu saja, karena ada juga beberapa hal lain yang menjadi pemicu kerusakan pada rambut.

Penyebab Kerusakan Pada Rambut

Beberapa penyebab rambut rusak diantaranya adalah sebagaimana yang dikutip dari laman bettyconfidential, yaitu:

1. Sinar Matahari
Layaknya pada kulit, sinar matahari juga bisa merusak rambut. Hal ini membuat rambut menjadi lebih mudah patah hingga kulit kepala kering. Oleh karena itu, gunakanlah produk penataan rambut yang memberikan proteksi terhadap sinar UV.

2. Mengeringkan rambut dengan handuk
Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang setelah keramas adalah menggosok rambut dengan handuk. Apalagi tujuannya kalau bukan untuk mengeringkan rambut. Namun tahukah anda bahwa ternyata kebiasaa mengeringkan rambut dengan handuk juga bisa merusak rambut?

Karena itu bila anda ingin mengeringkan rambut dengan handuk, cukup lakukan dengan menekan-nekan rambut dengan handuk secara lembut dan bungkus rambut dengan handuk selama beberapa menit. Tidak perlu sampai menggosok-gosok rambut dengan keras.

3. Menyisir Rambut Saat Masih Basah
Tidak hanya menggosok rambut, menyisir rambut saat rambut basah juga sering dilakukan setelah mandi. Kalaupun memang ingin segera menyisir rambut agar terlihat rapi, usahakan untuk menyisir rambut dengan menggunakan sisir yang bergigi jarang.

4. Produk styling rambut
Paparan alkohol yang terkandung dari produk styling rambut juga menjadi penyebab lain dari terjadinya kerusakan pada rambut. Karena itu sebisa mungkin untuk membatasi, bahkan kalau bisa hindari produk seperti hairspray atau gel rambut.

Saat membeli produk rambut yang nantinya akan digunakan secara teratur seperti shampo dan kondisioner, usahakan untuk mencari produk yang bisa meningkatkan kilau dan kekuatan rambut. Sebagian besar produk-produk ini membatasi jumlah alkohol.

Penting juga untuk membaca label dari produk perawatan yang akan dibeli untuk menentukan kadar alkohol yang terkandung dalam produk tersebut. Karena bila terlalu banyak alkohol di rambut, hal itu akan menyebabkan terjadinya penurunan produksi minyak rambut alami dan bisa membuat rambut kering.

loading...
Loading...
4 Penyebab Rambut Rusak | akbar | 4.5