4 Penyebab Dehidrasi Pada Bayi yang Harus Ibu Ketahui

Penyebab Dehidrasi Pada Bayi. Penyebab Anak Mengalami DehidrasiTidak hanya pada orang dewasa, namun dehidrasi juga bisa terjadi pada bayi. Dehidrasi atau kekurangan cairan bisa jadi sangat berbahaya, terutama pada bayi. Pada bayi, dehidrasi bisa menyebabkan terjadinya kerusakan organ tubuh, juga syok, dan bahkan kematian.

Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa 70% tubuh manusia adalah air, yang berfungsi untuk kelancaran aliran darah. Fungsi utama darah adalah untuk membawa oksigen dan bahan makanan ke seluruh tubuh, terutama ke otak dan paru-paru sebagai organ yang berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh.

Penyebab Dehidrasi atau Kekurangan Cairan Pada Bayi

Pada bayi, dehidrasi bisa disebabkan karena beberapa hal. Berikut beberapa diantaranya:

1. Diare atau muntaber
Saat diare bayi mengalami mual, muntah, dan BAB berulang. Kondisi ini bisa menyebabkan dehidrasi, karena hilangnya sejumlah mineral penting, seperti sodium, potasium, dan klorida.

2. Kurang makan dan minum
Meskipun jarang terjadi, namun si kecil saat demam dan mual akan kehilangan nafsu makan dan minum. Bila asupan makan dan minum bayi sangat kurang selama 3-5 hari misalnya, maka dehidrasi bisa saja terjadi.

3. Radang paru-paru (Pneumonia)
Radang paru-paru bisamenyebabkan bayi mengalami demam tinggi dan napas terengah-engah yang membuat cairan, berupa uap air, yang keluar dari paru-paru meningkat.

4. Cuaca
Cuaca yang panas akan menyebabkan bayi berkeringat secara berlebihan. Jika tidak diimbangi dengan asupan cairan/minum yang cukup, maka bayi bisa mengalami dehidrasi.

loading...
Loading...
4 Penyebab Dehidrasi Pada Bayi yang Harus Ibu Ketahui | chsa | 4.5