4 Penyakit yang Paling Ditakutkan Wanita Terkait Alat Reproduksi

Semakin banyak penyakit tidak menular yang kini diidap oleh wanita di seluruh dunia pada era modern seperti ini. Beberapa penyakit yang paling ditakuti oleh wanita ada di organ reproduksi wanita. Apa sajakah penyakit yang paling ditakuti oleh wanita tersebut?

Setidaknya ada empat penyakit yang paling dikhawatirkan oleh kaum wanita. Mulai dari yang ringan sampai yang berat. Adapun penyakit yang ditakuti oleh kebanyakan kaum wanita tersebut adalah miom, endometriosis, kanker ovarium, dan kanker serviks. Demikian sebagaimana yang disampaiokan oleh Dr Adrian Setiawan, SpOG, dokter spesialis kebidanan dan penyakit wanita dari Siloam Hospitals Kebon Jeruk (SHKJ), sebagaimana yang dikutip dari laman Okezone.

1. Mioma

Miom atau yang juga disebut fibrodi atau leiomioma merupakan penyakit yang paling sering ditemukan menjangkit kaum wanita. Miom sebenarnya merupakan tumor jinak yang sebenarnya bukan hal yang menakutkan. Walau miom ini diperkirakan dialami oleh 45 persen wanita, namun masih banyak wanita yang tidak sadar dengan penyakit ini.

loading...

Pada miom, bentuk gangguan yang ditengarai karena mutasi genetik ini bisa bervariasi ukurannya, antara 1mm – 2 cm, dan hanya muncul di usia subur, yaitu saat perempuan menstruasi sampai menopause. Miom sendiri sering tidak tidak memunculkan gejala dan selama tidak mengganggu maka intervensi seperti operasi tidak diperlukan.

2. Kista coklat

Kista coklat atau yang juga disebut dengan endometriosis adalah suatu kondisi di mana kelenjar endometriosis tumbuh di luar rongga rahim. Kasusnya mencapai 5-10 persen di usia subur dan 30 persen memperberat wanita infertil. Umumnya kista coklat tidak perlu ditangani, kecuali kalau sudah sampai menimbulkan nyeri yang mengganggu.

3. Kanker ovarium

Kanker ovarium atau kanker indung telur adalah penyakit yang paling mengerikan dan sering ditakuti karena sering terlambat dideteksi. Hal ini karena pada kanker ovarium tidak ada gejala khas yang pada akhirnya menyebabkan banyak yang tidak terselamatkan.

4. Kanker serviks

Kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan jenis kanker yang paling banyak ditemukan pada wanita selain kanker payudara. Namun demikian, kanker serviks ini lebih mudah dicegah dan dideteksi karena kini sudah ada vaksinnya. Selain itu, deteksi dini dengan pap smear pada wanita yang sudah aktif seksual juga bisa dilakukan.

Itulah 4 jenis penyakit terkait alat reproduksi wanita yang paling banyak dikhawatirkan dan ditakutkan oleh kaum wanita. Karena itu, menjaga kesehatan tubuh dengan mengubah pola hidup sehat serta olahraga bisa menjadi cara utnuk mencegah berbagai penyakit berhaya. Serta jangan lupa untuk sering melakukan konsultasi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan dan pencegahan sejak dini.

loading...
Loading...
4 Penyakit yang Paling Ditakutkan Wanita Terkait Alat Reproduksi | akbar | 4.5