4 Manfaat sayuran hijau bagi kesehatan

Sayuran hijau memang memiliki rasa yang cenderung hambar dan kurang nikmat ketimbang daging atau buah-buahan. Padahal sayuran ini memiliki banyak kandungan air dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh seperti vitamin, mineral, zat besi dan lain-lain.

Tidak hanya diolah menjadi masakan, sayuran hijau juga bisa dibuat menjadi jus yang menyegarkan atau sebagai salad dan lalapan. Pakar kesehatan pun menyarankan untuk mengonsumsi sayuran hijau satu hingga tiga porsi per hari. Karena itu, mengonsumsinya setiap hari pun sangat disarankan karena sayuran hijau mengandung banyak manfaat seperti berikut.

1. Melawan radikal bebas
Kandungan klorofil dan vitamin K dalam sayuran hijau dapat membantu menyalurkan oksigen dalam aliran darah ke seluruh tubuh serta melawan radikal bebas yang bersifat merusak. Sayuran seperti bayam, kangkung, sawi, selada dan sejenisnya bersifat alkali yang menjaga tingkat pH tubuh tetap stabil.

2. Mencegah bau mulut
Jika anda memiliki masalah bau mulut, konsumsi saja sayuran hijau karena kandungan klorofilnya yang tinggi berfungsi sebagai detoks yang mengeluarkan racun penyebab bau mulut. Semakin pekat warna hijaunya, maka kandungan klorofilnya semakin tinggi.

3. Melancarkan pencernaan
Sayuran hijau kaya akan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan dengan menjaga usus dari racun-racun. Selain melancarkan pencernaan, sayuran hijau seperti brokoli, selada atau asparagus juga mengandung nutrisi yang memperkuat dan membersihkan liver dan ginjal.

4. Kaya akan mineral
Dalam seikat sayuran hijau, terkandung banyak mineral yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi seperti kalsium, magnesium, vitamin B, C, E dan K. Nutrisi tersebut dapat menghaluskan kulit, memelihara rambut agar tetap tebal dan kuat, serta menjaga tubuh agar tetap sehat.

loading...
Loading...
4 Manfaat sayuran hijau bagi kesehatan | akbar | 4.5