4 Manfaat Puasa Ramadhan untuk Kesehatan

Setiap umat muslim pastinya menantikan kedatangan bulan suci yang penuh barakah, bulan puasa Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan dimana setiap umam muslim yang telah memenuhi syarat tertentu diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Pada bulan Ramadhan pula ada satu malam yang bila ia melakukan ibadah maka pahalanya sama dengan ia beribadah seribu bulan.

Manfaat Puasa untuk Kesehatan

Selain berlipat gandanya pahala yang akan didapat dari setiap melakukan kebaikan pada bulan Ramadhan, berpuasa di bulan suci Ramadhan ternyata juga memberikan dampak atau manfaat untuk kesehatan tubuh. Sebagaimana dikutip dari laman KlikDokter.com, berikut ini adalah beberapa manfaat puasa untuk kesehatan tubuh, diantaranya:

1. Menurunkan kolesterol darah

Saat berpuasa, tubuh tidak hanya menggunakan glukosa sebagai sumber energi tubuh namun juga menggunakan lemak. Lemak tubuh yang dibakar dari penyimpanannya akan memberikan pengaruh terhadap penurunan profil lipid tubuh.

2. Menurunkan berat badan

Selain mampu mengendalikan kadar kolesterol untuk penderita diabetes, pembakaran lemak tubuh saat berpuasa juga bermanfaat untuk proses penurunan berat badan yang akan berpengaruh secara keseluruhan terhadap tekanan darah dan juga kadar gula darah tubuh.

3. Proses detoksifikasi

Dengan terpakainya lemak tubuh sebagai sumber energi, maka sisa-sisa zat buangan atau racun yang ada dalam sel-sel lemak tubuh akan terurai dan terbuang dari tubuh.

4. Meningkatnya rasa nyaman dan ketajaman berpikir

Hormon endorfin akan meningkat dalam tubuh setelah kita beberapa hari berpuasa. Meningkatnya hormon endorfin akan memberikan efek terhadap peningkatan ketajaman pikiran dan juga perasaan nyaman.

Untuk mendapatkan manfaat puasa bagi kesehatan tubuh, maka perlu diperhatikan kecukupan gizi pada menu makanan untuk sahur dan juga menu makanan untuk buka puasa. Tidak boleh kurang, dan juga tidak boleh berlebihan.

loading...
Loading...
4 Manfaat Puasa Ramadhan untuk Kesehatan | akbar | 4.5