4 Makanan untuk meningkatkan sel darah merah

Makanan untuk Meningkatkan Sel Darah MerahAnemia atau kekurangan darah adalah penyakit yang membuat seseorang menjadi mudah lelah. Ini disebabkan oleh menurunnya sel darah merah sehingga tubuh menjadi lemas dan wajah pucat. Pola makan yang tidak sehat dan kebiasaan buruk juga semakin memperparah masalah ini.

Banyak orang mengonsumsi makanan berwarna merah untuk menambah jumlah darah dalam tubuhnya agar terhindar dari anemia. Padahal, untuk meningkatkan sel darah merah Anda juga bisa mencoba makanan-makanan berikut ini.

1. Sayuran hijau
Mengonsumsi sayuran berdaun hijau seperti bayam, selada dan kangkung mampu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, terutama kesehatan darah. Sayuran hijau kaya akan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk memompa produksi sel darah merah. Selain itu, kandungan gizi yang ada di dalamnya juga mampu untuk membantu tubuh dalam menyerap zat besi secara maksimal.

2. Tahu
Produk olahan kedelai ini tinggi akan zat besi dan baik untuk meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh. Sekitar 170 gram tahu mengandung 6 mg zat besi. Karena itu sering-seringlah mengonsumsi tahu karena makanan ini juga mengandung protein nabati yang baik bagi tubuh.

3. Cruciferous vegetables
Contoh dari sayuran jenis ini adalah kubis, kembang kol, dan brokoli. Sayur-sayuran ini mengandung zat alami serta nutrisi yang baik untuk meningkatkan jumlah darah. Sebaiknya konsumsi sayuran ini dengan cara direbus atau dikukus agar nutrisinya tetap terjaga dan tubuh tetap bugar.

4. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti almond atau walnut kaya akan zat besi yang mampu meningkatkan jumlah sel darah merah di dalam tubuh sehingga membuat Anda terhindar dari anemia. Selain itu kacang-kacangan juga rendah kalori dan dapat dikonsumsi sebagi cemilan sehat.

loading...
Loading...
4 Makanan untuk meningkatkan sel darah merah | chsa | 4.5