4 Makanan untuk Mencegah Tumbuhnya Rambut Uban

Cara Mencegah Rambut UbananMunculnya rambut yang mulai berubah warna putih atau uban membuat pemiliknya merasa semakin tua. Selain itu, munculnya rambut uban juga membuat percaya diri seseorang jadi berkurang.

Umumnya, rambut uban muncul ketika memasuki usia tua. Namun demikian, kini juga bisa dengan mudah kita jumpai seseorang yang masih usia muda namun sudah mulai muncul rambut uban.

Selain karena faktor usia, munculnya uban juga dipengaruhi oleh asupan (baca: kekurangan) beberapa zat gizi. Rambut uban muncul akibat dari produksi hormon yang mengatur warna rambut menurun atau berhenti. Hal ini biasanya disebabkan karena kekurangan vitamin B12, B9, E, C, dan juga kekurangan zat besi, asam lemak, dan lain-lain. Zat gizi tersebut membantu produksi sel darah merah dan melanin. Melanin bertanggung jawab dalam ‘mewarnai’ rambut.

Karena itu, untuk cara mencegah tumbuhnya rambut uban, maka produksi melanin harus ditingkatkan, tentunya dengan memenuhi zat-zat gizi yang mendukungnya. Bagaimana caranya? Tentunya dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan zat yang diperlukan oleh rambut. Berikut beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk mencegah munculnya rambut uban sebagaimana yang dikutip dari laman Womenshealthmag.com.

1. Sayuran hijau
Pastikan anda selalu menyertakan sayuran hijau dalam menu harian keluarga. Perbanyak konsumsi sayuran hijau seperti bayam, seledri, sawi, dan sayuran berwarna hijau lainnya bermanfaat untuk mencegah rambut uban.

Anda juga bisa mengonsumsi sayuran hijau dalam segelas minuman jus sayuran hijau yang menyegarkan sekaligus menyehatkan di pagi hari.

2. Cokelat
Tidak hanya lezat, namun coklat juga memberikan manfaat baik untuk kesehatan, termasuk di antaranya adalah untuk mencegah timbulnya uban di rambut. Cokelat kaya akan kandungan melanin yang baik untuk rambut. Namun untuk hasil yang maksimal, sebaiknya pilih jenis dark chocolate murni serta tidak menambahkan banyak kalori pada tubuh anda.

3. Buah berry
Berbagai jenis aneka buah berry yang segar seperti stroberi, raspberry, blueberry, dan juga buah berry lainnya kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Tidak hanya itu saja, namun buah berry juga memiliki banyak kandungan antioksidan yang mencegah pertumbuhan uban pada rambut.

Salah satu buah yang masuk dalam keluarga berry yang paling ampuh dalam menjaga rambut anda adalah buah amla dan gooseberry. Umumnya kedua buah ini ada dalam berbagai produk perawatan rambut.

4. Ikan salmon
Ikan salmon kaya akan kandungan zat gizi yang bermanfaat untuk tubuh. Salmon memiliki kandungan selenium yang juga membantu produksi aneka hormon di dalam tubuh. Selain itu, ikan salmon juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sehingga efektif untuk mencegah tumbuhnya uban.

loading...
Loading...
ikan salmon jawa, cara menambah melanin, Buah apakah untuk mencegah uban, buah yang harus dikonsumsi uban, makanan yang menghambat pertumbuhan uban

4 Makanan untuk Mencegah Tumbuhnya Rambut Uban | chsa | 4.5