4 Jenis Makanan untuk Mempercepat Penyembuhan Luka

Untuk membantu proses penyembuhan luka, maka ada beberapa makanan yang perlu dikonsumsi. Berikut ini adalah daftar makanan yang baik untuk dikonsumsi saat anda dalam masa penyembuhan luka sebagaimana yang dikutip dari laman KlikDokter.com:

1. Protein

Selama masa proses penyembuhan setelah operasi tubuh membutuhkan asam amino untuk memperbaiki dan membentuk jaringan di dalam tubuh. Protein adalah sumber nutrisi yang kaya akan asam amino. Selain itu protein juga bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit yang bisa membantu memperlambat penyembuhan. Salah satu contoh makanan yang tinggi protein dan baik untuk dikonsumsi selama masa penyembuhan karena luka adalah ikan gabus.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa dari 100 gram ikan gabus terkandung gizi berupa kalori 69 kalori, protein 25.2 gr, lemak 1.7 gr, phospor 76 mg, kalsium 62 mg, besi 0.9 mg, vitamin A 150 mg, vitamin B 0.04 mg dan air sebesar 69 gr. Dengan tingginya kandungan gizi pada ikan gabus, maka tidak mengherankan bila ikan gabus sangat baik dikonsumsi sebagai salah satu menu sehari-hari.

Selain ikan gabus, sumber asam amino juga bisa di dapat dari mengonsumsi putih telur dan ayam. Makanan sumber asam amino lainnya adalah daging tanpa lemak, produk susu rendah lemak dan kacang panjang.

2. Vitamin C

Bila dibanding jenis vitamin lainnya, maka vitamin C adalah yang paling sering dikonsumsi. Hal ini karena vitamin C merupakan antioksidan yang sangat baik bagi tubuh untuk mencegah penyakit. Selain itu vitamin C juga membantu melindungi sel dari radikal bebas serta penting untuk penyembuhan luka. Adapun contoh sumber nutrisi kaya vitamin C misalnya adalah paprika merah, jeruk, lemon, manga, papaya, sayuran hijau, berries, kiwi, brokoli, tomat, ubi-ubian dan kentang panggang.

3. Zat besi

Zat besi mempunyai penting dalam pembentukan hemoglobin. Hemoglobin adalah senyawa dalam sel darah merah yang mempunyai fungsi untuk membawa oksigen ke jaringan. Oksigen ini penting dalam metabolisme sel dan proses penyembuhan setelah operasi. Adapun contoh makanan sumber zat besi yaitu kerang, hati dan bisa juga daging merah.

4. Whole grain

Karbohidrat mengandung glukosa yang penting sebagai sumber energi. Karbohidrat kompleks seperti whole grains, kaya nutrisi yang bisa membantu menjaga sistem imun tubuh, selain itu juga mengandung serat yang berperan mencegah dan mengatasi sembelit saat penyembuhan setelah operasi. Adapun makanan sumber whole grains diantaranya adalah roti gandum, nasi merah, sup barley dan oatmeal.

loading...
Loading...
makanan penyembuh luka, makanan penyembuh luka operasi, makanan mempercepat penyembuhan luka, buah untuk mempercepat penyembuhan luka, makanan yang mempercepat penyembuhan luka, makanan untuk mempercepat penyembuhan luka, mempercepat penyembuhan luka, makanan yang cepat menyembuhkan luka, makanan penyembuh luka kecelakaan, buah penyembuh luka, makanan penyembuh luka jatuh, makanan pengering luka, makanan yg mempercepat penyembuhan luka, makanan yg tidak boleh dimakan saat luka, makanan yang cepat mengeringkan luka, Makanan untuk mengeringkan luka, makanan yg cepat menyembuhkan luka, makanan mempercepat penyembuhan luka operasi, cara menyembuhkan luka operasi, makanan untuk luka, makanan untuk menyembuhkan luka, makanan yang dapat menyembuhkan luka, makanan untuk penyembuhan luka, Makanan yg cepat mengeringkan luka, buah yang baik pasca operasi, makanan penyembuh luka dalam, cara mempercepat penyembuhan luka, buah penyembuh luka operasi, makanan yang dapat mempercepat penyembuhan luka, makanan agar luka cepat kering

4 Jenis Makanan untuk Mempercepat Penyembuhan Luka | akbar | 4.5