4 Hal yang Harus Wanita Pertimbangkan Sebelum Menggugat Cerai Suami

Sekarang ini sudah semakin banyak kaum istri yang meminta cerai kepada suaminya. Jadi bukan lagi suami yang menceraikan, namun si istrilah yang mengajukan gugatan cerai.

Gugatan cerai diajukan mungkin karena alasan yang dianggap oleh si istri sudah tepat sebagai solusi untuk mengatasi masalah yang terjadi. Namun, seringkali alasan tersebut tidak benar.

Karenanya, bila anda ingin mengajukan gugatan cerai kepada suami, ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang bisa menjadi pertimbangan wanita sebelum menggugat cerai suami sebagaimana yang dikutip dari laman Familyshare.

1. Apakah saya sudah melakukan segalanya untuk menyelamatkan pernikahan?

Anda memang tidak bisa mengontrol tindakan pasangan atau keinginan mereka, namun apakah anda sudah melakukan segalanya untuk menyelamatkan kesembuhan dan harapan pernikahan? Jika tidak, tulis daftar hal-hal yang sekiranya bisa anda lakukan dan mulailah melakukannya. Karena pernikahan selalu layak diperjuangkan!

2. Apakah saya yakin dengan perasaan ini?

Perasaan berubah-ubah dalam skenario perceraian, orang mengejar ilusi kebahagiaan bukan memercayai rencana Tuhan untuk membawa keutuhan, kesehatan dan kedamaian.

3. Apakah perceraian pilihan terbaik?

Pernikahan yang rusak karena perselingkuhan dan kekerasan fisik memang tidak layak diperjuangkan. Namun, masih ada banyak jalan keluar dari setiap masalah rumah tangga ketimbang memilih cara cerai. Dalam kebanyakan kasus, pasangan dengan pernikahan langgeng bukanlah orang yang tidak pernah punya masalah dan alasan untuk bercerai, namun mereka adalah pasangan yang memilih bekerja melalui masalah mereka bersama-sama.

4. Apakah saya siap hidup sendiri?

Bila jawaban anda adalah “Tidak,” maka motivasi untuk perceraian mungkin tidak sehat. Bila anda melihat perceraian sebagai sebuah kesempatan untuk bermain atau untuk menemukan seseorang yang anda anggap akan menghargai lebih dari pasangan sebelumnya, maka anda harus siap hidup sendiri.

Itulah beberapa pertanyaan sebagai bahan pertimbangan yang harus anda dapatkan jawabannya sebelum anda memutuskan untuk meminta cerai kepada suami. Jangan sampai keputusan anda untuk bercerai dengan suami akan menyebabkan penyesalah terbesar dalam hidup anda. Ingat, dampak perceraian juga akan berpengaruh tidak hanya pada anda, namun juga terhadap anak.

loading...
Loading...
4 Hal yang Harus Wanita Pertimbangkan Sebelum Menggugat Cerai Suami | akbar | 4.5