4 Hal yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Memiliki Anak Lagi

Beredar di masyarakat Indonesia tentang adanya pepatah bahwa “banyak anak banyak rezeki”. Benarkah demikian, bila kita punya anak maka akan banyak pula rezeki yang kita dapat? Bisa benar bisa tidak.

Namun terkait dengan adanya pepatah tersebut, sebelum anda dan pasangan berencana untuk menambah momongan lagi, maka tidak ada salahnya untuk membaca beberapa tips dalam rencana memiliki banyak momongan di keluarga yang akan kami ulas berikut ini.

Memiliki anak kedua dan atau ketiga tentulah berbeda dengan bila hanya memiliki anak satu. Mengurus anak kedua atau ketiga akan lebih sulit, ini karena waktu istirahat akan lebih banyak tersita untuk memperhatikan anak-anak.

Memiliki anak lebih dari satu juga akan berpengaruh pada finansial dan gaya hidup keluarga anda. Walau memang tidak bisa dipungkiri, bahwa memiliki banyak anggota keluarga adalah hal yang menyenangkan.

Karena itu, selama kondisi keluarga mampu, maka tidak ada yang salah bila anda memutuskan untuk memiliki banyak momongan. Kondisi keluarga seperti apakah yang harus dipersiapkan? Berikut, tips terkait persiapan memiliki momongan lagi.

1. Usia dan Kesehatan

Usia dan kesehatan di sini lebih merujuk pada sang ibu. Perhatikan usia produktif ibu, karena hamil di usia lebih dari 30-an tahun akan sangat berisiko untuk kesehatan sang ibu. Pastikan, kesehatan sang ibu baik, terutama kodisi tulangnya, karena saat hamil janin akan menyerap kalsium dari sang ibu. Dalam hal ini, anda sangat perlu untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter kandungan.

2. Kondisi Ekonomi

Pastikan bahwa kodisi ekonomi rumah tangga anda stabil. Kondisi perekonomian akan memengaruhi kesehatan dan pendidikan anak. Ketika anda merasa kondisi keuangan keluarga belum stabil, maka sebaiknya anda pertimbangkan ulang untuk memiliki momongan lagi.

3. Jarak Usia Anak

Anda perlu memerhatikan usia anak pertama anda ketika berencana untuk memberinya adik. Usahakan jarak usia antaranak anda tidak terlalu dekat.

Anda bisa mengatur jarak usia tersebut sekitar tiga atau empat tahun. Ini akan membantu anda meminimalisir kecemburuan anak.

4. Persetujuan Pasangan

Ketika anda berpikir ingin memiliki anak lagi, maka anda harus mendiskusikan hal tersebut dengan pasangan anda, agar persiapan bisa berjalan dengan baik.

Anda perlu ingat bahwa ketika jumlah anak bertambah, maka itu artinya anda akan memiliki tanggung jawab yang lebih berat untuk menghidupi anak-anak anda dengan kualitas kasih sayang dan hidup yang baik.

loading...
Loading...
4 Hal yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Memiliki Anak Lagi | lawas | 4.5