4 Cara Mudah Merebus Telur Ayam

Telur merupakan salah satu sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. Kandungan nutrisi pada telur diantaranya adalah protein, kolin, lutein, zeaxanthin dan juga vitamin D.

Salah satu cara menikmati telur adalah dengan direbus. Telur rebus bisa dimakan langsung atau ditambahkan ke berbagai makanan untuk menu sarapan atau tambahan dalam salad.

Cara merebus telur memang terbilang mudah, namun untuk bisa mendapatkan hasil telur rebus yang sempurna belum tentu semua orang bisa. Untuk mendapatkan hasil telur rebus yang sempurna, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan ketika merebusnya.

Berikut ini adalah empat langkah mudah yang harus diperhatikan saat merebus telur untuk mendapatkan telur rebusa yang sempurna sebagaimana yang dikutip dari AllRecipe:

1. Rebus telur saat air masih dingin

Yang pertama, masak telur bersama air saat air masih dalam keadaan dingin, bukan saat air sudah mendidih. Masukkan telur secara perlahan dan jangan dibanting karena kulit telur akan retak atau pecah.

2. Kecilkan api saat air mendidih

Telur tidak boleh terkena panas yang berlebihan dalam waktu lama karena reaksi kimia akan membuat kuning telur menjadi berwarna kehijauan. Untuk menghindarinya, sebaiknya kecilkan api ketika air sudah mulai mendidih. Anda juga bisa menutup panci agar panas yang dihasilkan lebih konstan dan menyebar rata.

3. Waktu perebusan

Setelah air mendidih dan api dikecilkan, diamkan telur sekira 14-17 menit tergantung ukuran telur. Jika telur memiliki ukuran kecil maka bisa diangkat setelah 14 menit direbus, sedangkan telur ukuran besar membutuhkan waktu setidaknya 17 menit. Ini berlaku hanya untuk telur ayam, lain halnya dengan telur burung unta atau burung puyuh.

4. Masukkan telur ke air dingin

Sama seperti merebus sayuran, telur yang direbus juga harus dimasukkan ke dalam air dingin. Cara ini untuk menghentikan proses pemasakan pada telur. Selain itu, air dingin juga membantu untuk mendinginkan telur agar lebih mudah dikupas.

loading...
About these ads

Loading...
4 Cara Mudah Merebus Telur Ayam | akbar | 4.5
cara mengukus putih telur