4 Cara Mudah Mencegah Kanker Payudara

Kanker Payudara adalah tumor ganas yang tumbuh di dalam jaringan payudara. Kanker bisa mulai tumbuh di dalam kelenjar susu, saluran susu, jaringan lemak maupun jaringan ikat pada payudara.

Kanker payudara paling sering menyerang pada wanita, meski ada juga pria yang terkena kanker payudara. Setidaknya ada empat cara mudah untuk menghindari dan mencegah kanker payudara.

Berikut ini adalah empat cara mudah dan sederhana mencegah dan menghindari kanker payudara:

1. Menyusui
Banyak wanita yang beranggapan kalau menyusui bisa membuat payudara jadi kendur, sehingga tidak sedikit wanita yang lebih memilih memberikan susu sambung dari pada ASI pada bayinya. Padahal, selain baik untuk kesehatan dan pertumbuhan bayi, menyusui juga bisa membantu mencegah wanita terkena kanker payudara sampai dengan 60 persen. Cobalah untuk memberikan minimal enam bulan ASI eksklusif pada bayi Anda. Metode ini ampuh mengurangi risiko kanker payudara sampai dengan 60 persen.

2. Kontrol berat badan
Estrogen yang diproduksi oleh sel lemak bisa menjadi ‘bahan bakar’ untuk menumbuhkan sel-sel kanker. Menjaga berat badan tetap proporsional tidak hanya sebagai suatu hal yang estetis, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan Anda.

3. Hindari minum alkohol
Alkohol dengan zat lain dalam tubuh bisa menjadi sel-sel yang merusak dan memicu kanker. Oleh karenanya, batasi atau kurangi konsumsi minuman beralkohol, akan lebih baik lagi jika Anda tidak mengonsumsinya sama sekali.

4. Rajin olahraga minimal 30 menit per hari
Untuk menjaga berat badan serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh, lakukan olahraga ringan minimal 30 menit setiap harinya. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan-jalan atau jogging, pagi atau sore hari. Jangan lupa untuk selalu mengontrol kadar hormon agar tetap seimbang.

Menurut laporan dari American Institute for Cancer Research, jika wanita melakukan empat cara mudah diatas, maka jumlah penderita kanker payudara dapat berkurang hingga 40 persen.

loading...

Loading...
4 Cara Mudah Mencegah Kanker Payudara | lawas | 4.5