4 Cara Menurunkan Berat Badan

Memiliki berat badan yang berlebihan bukan hanya berdampak pada kegantengan atau kecantikkan wajah Anda, tapi lebih dari itu, kesehatan Anda juga akan terancam. Oleh sebab itu penting sekali untuk Anda menurunkan berat badan yang berlebihan. Namun sebelumnya pastikan Anda termasuk dalam kelompok gemuk, jangan sampai Anda masuk dalam kategori kurus tapi malah ingin menurunkan berat badan.

Bingung mengklasifikasikan tubuh Anda masuk dalam kategori sudah ideal, terlalu gemuk atau malah kurus ? saya ada sedikit tips cara menghitung berat badan yang ideal, baik untuk cowok maupun cewek. Agar lebih mudah saya beri contoh :

Ada Seseorang berusia 30 tahun memiliki berat badan 60 kg dan tinggi badan 160 cm (1,6 meter).

Cara Mengetahui Apakah Berat Badan Ideal atau Tidak:

  • Mengkuadratkan tinggi badan 1,6 X 1,6 hasilnya 2,56.
  • Lalu nilai berat badan dibagi hasil perkalian dari tinggi badan yaitu 60 : 2,56 hasilnya 23,43.

Berarti nilai BMI dari orang tersebut sebesar 23,43 dan masuk ke dalam kelompok ideal/normal, dan jika nilai indeks massa tubuh kurang dari 19 tergolong ke dalam kelompok kurus, sementara jika nilai indeksnya ada diantara 25-29,9 masuk kelompok kelebihan berat badan (gemuk).

Jika Anda termasuk kelompok kelebihan berat badan, maka artikel ini wajib Anda baca. Dan bicara mengenai kelebihan berat badan, saya juga sama seperti Anda, pernah mengalami yang namanya kegemukkan, bahkan seingat saya dulu nilai BMI saya mencapai 26. Tapi itu tidak bertahan lama, karena hanya dalam beberapa minggu saja berat badan saya sudah kembali normal (ideal). Tidak, saya tidak meminum obat yang macam-macam, hanya melakukan beberapa langkah di bawah ini:

1. Makanan

  • Kunci dari diet yang pertama adalah pada makanan, dan disini saya memilih cara diet karbohidrat ketimbang diet protein hewani karena itu lebih efektif untuk saya, yaitu dengan mengurangi(bukan menghilangkan) porsi nasi, apabila masih merasa lapar diganti dengan banyak makan sayur untuk mengenyangkan.
  • Menggunakan wadah/piring yang kecil pada waktu makan, sehingga tidak memberikan ruang untuk menambah makanan karena keterbatasan wadah makanan kita.
  • Makanlah dengan pelan, tidak penting berapa kali anda mengunyah sehingga tidak perlu direpotkan dengan makan sambil menghitung. Mengunyah nasi dengan pelan, anda akan merasakan rasa manis karena air liru mengubah nasi menjadi zat gula, sedangkan zat gula cenderung memiliki sifat mengenyangkan.
  • Selain itu dengan makan dengan pelan, maka memberi kesempatan otak untuk menerima respon disaat syaraf di lambung merasakan kenyang. Karena respon yang diterima ke otak sangat lambat, sehingga kita seperti merasa belum kenyang sedangkan makanan dilambung sedang diproses. Kadang kita makan dengan cepat karena masih merasa lapar, sehingga mengirimi lambung kita dengan makanan yang sebenarnya sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh kita. Jadi petuah “makanlah sebelum lapar, dan berhentilah makan sebelum kenyang” itu memang ada benarnya. Makan sebelum lapar untuk mencegah kita makan dengan cepat dan bernafsu. Berhenti makan sebelum merasa kenyang supaya mengurangi konsumsi makan yang berlebih. Anda akan merasakan perut kenyang setelah ada respon dari syaraf lambung sudah sampai ke otak sehingga menghentikan keinginan untuk menambah makan.

2. Air

  • Air selain sangat penting untuk menjaga kesehatan tapi juga bisa membantu menahan bertambahnya berat badan dengan syarat air tersebut tidak manis. Perbanyaklah air putih sebanyak 4 liter per hari atau sesuai kebutuhan masing-masing individu tergantung dari aktivitas dan berat badan. Karena kebanyakan air putih juga tidak baik karena akan membebani kerja ginjal yang semakin berat akibat berlebihan konsumsi air.
  • Mengurangi konsumsi minuman manis dan bersoda, cukup 1 gelas minuman manis dalam sehari, selanjutnya minumlah air putih sesuai kebutuhan.

3. Olahraga

  • Pilihan olaharga disini mungkin bisa dengan jogging, lari maupun aerobik, namun saya sendiri selain olahraga diatas sering melakukan latihan kardio yaitu membuat gerakan cepat sehingga membuat jantung berdetak cepat dan meningkatkan sirkulasi darah. Detak jantung yang cepat akan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga akan bisa membakar lemak ditubuh.
  • Yang biasa saya lakukan adalah berlari ditempat dengan pelan, kemudian berlari ditempat dengan cepat, kemudian kembali pelan lagi. Kalau anda merasakan kulit gatal, agak memerah , dan sedikit terasa panas, itu tandanya anda melakukan dengan benar dan yang anda rasakan adalah proses pembakaran lemak yang terjadi ditubuh anda.
  • Kunci dari olahraga adalah intensitas bukan dari lamanya berolahraga. Berolahraga tiap hari sehari walau hanya 5-10 menit, dan dilakukan lebih dari sekali akan lebih efektif daripada berolahraga seminggu sekali walaupun 2 jam sekalipun. Cobalah memulai setiap saat, setiap waktu melakukan gerakan kardio walaupun hanya sesaat tapi yang terpenting anda sudah merasakan adanya pembakaran lemak dengan merasakan seperti diatas, itu artinya anda sudah membakar dan membuang lemak hari ini.

4. Sex yang sehat

  • Tips ini hanya berlaku bagi yang sudah menikah, jadi yang belum menikah jangan menirukan adegan tersebut dirumah karena sangat membahayakan.
  • Jadikan sex sebagai kebutuhan untuk menjaga keharmonisan rumah tangga, dan menghilangkan pemikiran siapa yang melayani dan siapa yang dilayani. Dalam berhubungan intim diperlukan adanya pemahaman saling memuaskan bukan hanya semata-mata ingin dipuaskan.
  • Bagi kaum perempun yang ingin mendapatkan manfaat dari sex selain untuk memenuhi kebutuhan biologis, bisa juga sekaligus menurunkan berat badan. Dengan catatan bahwa istri harus lebih aktif atau dominan dalam melakukan hubungan suami istri dengan catatan suami tidak keberatan. Mungkin ada banyak gaya yang sekaligus bisa membakar lemak, salah satunya adalah gaya Woman On Top (WOT), yaitu posisi istri di atas bisa mengencangkan bagian perut dan pantat. Hasil akan lebih maksimal ketika menggerakkannya sambil mengencangkan otot bagian perut dan organ kewanitaan. Selain itu gaya Doggy Style akan mengencangkan otot paha dan perut dengan melakukan gerakan sambil mengencangkan otot kewanitaan dan perut. Yang tidak kalah penting adalah lakukanlah dengan rileks dan nyaman, dan sebelumnya komunikasikan terlebih dahulu kepada pasangan. Keterbukaan dan komunikasi dalam berhubungan intim adalah kunci untuk mendapatkan puncak kenikmatan dalam bercinta.

Dengan rutin menerapkan empat kebiasaan diatas, saya yakin dalam beberapa minggu berat badan Anda akan turun 6 – 8 kg. Ini saja yang bisa saya bagikan, semoga Cara Menurunkan Berat Badan ini bisa bermanfaat untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan.

loading...
Loading...
efek kerja yang berat

4 Cara Menurunkan Berat Badan | lawas | 4.5