4 Cara Meningkatkan Performa Laptop yang Sudah Mulai Lambat

Bentuknya yang lebih mungil dan mudah dimasukkan ke dalam tas dan mudah dibawa kemana-mana menjadikan laptop menjadi pilihan utama banyak orang. Ya, dari pada menggunakan komputer PC, kini orang lebih memilih untuk membeli laptop.

Melakukan pekerjaan kantor, menyimpan file lagu atau film jadi bisa dengan mudah dilakukan saat menggunakan laptop. Namun layaknya komputer PC, ketika terus digunakan maka lama kelamaan kinerja laptop akan menjadi melambat.

Ketika kinerja laptop sudah melambat, maka itu artinya sudah saatnya bagi anda untuk melakukan tweaking pada laptop.

Cara Meningkatkan Kinerja dan Performa Laptop agar Tidak Berjalan Lambat

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja laptop yang sudah terasa mulai lambat performanya sebagaimana dikutip dari laman CNET:

1. Kurangi Multitasking
Tanpa harus membongkar atau menambahkan perangkat baru, anda bisa mempercepat kinerja laptop. Caranya adalah dengan mengurangi aktivitas yang dilakukan. Anda bisa mengurangi multiasking untuk meningkatkan kinerja laptop. Untuk itu anda bisa coba tutup aplikasi atau tab pada browser jika tidak digunakan.

Bila laptop anda memiliki RAM kecil, sebaiknya jangan menjalankan aplikasi berbeda secara bersamaan. Ada baiknya hanya membuka satu aplikasi, setelah selesai menggunakannya, anda bisa membuka aplikasi lainnya.

Anda juga bisa mematikan beberapa proses yang berjalan secara otomatis ketika laptop dinyalakan. Anda bila mematikan atau mengaktifkannya melalui Windows Task Manager untuk pengguna OS Windows.

2. Tambah RAM
RAM memiliki fungsi sebagai penyimpanan sementara aplikasi yang sedang berjalan di dalam laptop. Bila kemampuan processor laptop anda tinggi namun kapasitas RAM yang dimiliki tidak begitu besar, maka sama saja laptop tidak akan bisa bekerja maksimal.

Semakin besar RAM yang dimiliki, maka akan ada lebih banyak space untuk penyimpanan data sementara. Hal itu tentu dapat mencegah melambatnya kinerja laptop Anda.

3. Batasi Hard Drive
Batasi file dan aplikasi yang ada di laptop. Karena dengan semakin banyak file dan aplikasi, maka akan semakin lambat pula hard drive bekerja. Sebab itu, anda bisa mencoba untuk meng-uninstall beberapa program yang tidak perlu, terlebih jika aplikasi itu adalah diunduh dari situs tak resmi.

4. Ganti Hard Drive
Mengganti hard drive lama adalah salah satu opsi yang patut untuk dicoba. Misalnya, mengganti Traditional Spinning Hard Drive ke Solid-State Drive (SSD) untuk membuat kinerja laptop anda menjadi lebih gesit lagi. Selain itu, SSD pada dasarnya bekerja lebih cepat daripada Mechanical Hard Drive (MHD).

loading...
Cara angkat simen

4 Cara Meningkatkan Performa Laptop yang Sudah Mulai Lambat | akbar | 4.5