4 Cara Mengobati Pilek Yang Alami

Pilek bila terus dibiarkan maka bisa menular pada orang lain. Karena itu alangkah baiknya bila pilek segera diobati.

Bila anda tidak biasa minum obat medis, maka anda bisa mencoba mengobati pilek dengan bahan-bahan herbal yang kesemuanya bisa dengan mudah anda temukan di sekitar, bahkan dapur anda.

Berikut adalah beberapa cara mengobati pilek yang alami yang bisa coba anda lakukan sebagaimana dikutip dari laman Timesofindia:

1. Minum banyak air

Minum banyak air putih saat pilek akan menjaga tubuh dari dehidrasi serta mencegah diri dari infeksi bakteri.

2. Tinggal di lingkungan yang hangat

Hidung meler karena pilek akan semakin parah bila anda terus berada di lingkungan yang udaranya dingin, dan bahka itu bisa membuat anda lebih rentan terhadap sakit kepala. Karena itu, anda disarankan untuk tinggal ditempat yang lingkungan udaranya lebih hangat agar pilek yang anda rasakan tidak semakin parah.

3. Memperbanyak asupan vitamin C

Saat anda sedang pilek, perbanyaklah asupan vitamin C. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin C dengan mengonsumsi buah-buahan. Beberapa contoh buah yang menjadi sumber vitamin C misalnya jeruk, strawberry dan semangka. Untuk cara yang lebih praktis, anda juga bisa minum tablet vitamin C satu kali sehari.

4. Mengunyah jahe

Kunyahklah jahe untuk membantu menekan hidung meler. Akan lebih baik bila anda ternyata suka mengunyah jahe mentah iris halus, tiga kali sehari. Jahe adalah obat pilek alami yang sangat efektif.

Itulah beberapa cara mengobati pilek yang alami yang bisa anda coba dan praktekkan di rumah.

Cara Mencegah Pilek

Melakukan olahraga secara rutin dan teratur akan menguatkan sistem metabolisme tubuh sehingga membuat anda menjadi lebih kuat dan terhindar dari pilek. Selain itu jangan lupa mengonsumsi makanan sehat dan bergizi bila anda ingin terhindari dari pilek.

loading...
About these ads

Loading...
4 Cara Mengobati Pilek Yang Alami | akbar | 4.5