4 Cara Mengelola Keuangan Sendiri

Mungkin anda tidak akan terlalu berpengaruh bila anda kurang bijaksana mengelola keuangan selama masa sekolah atau kuliah. Ini karena masih ada orang tua yang nantinya akan menanggung segala kekurangan anda.
Namun akan berbeda urusannya ketika anda sudah lulus sekolah kemudian bekerja, maka anda akan menerima gaji yang harus dikelola sendiri. Lalu, bagaimana caranya mengelola gaji sendiri agar cukup tanpa harus meminta lagi kepada orangtua?

Berikut adalah tips cara mengelola keuangan sendiri sebagaimana yang dikutip dari laman Allwomenstalk:

1. Bicarakan dengan orangtua

Dalam hal ara mengelola uang, maka orang tua lebih paham banyak. Karena itu, belajarlah dari mereka bagaimana cara disiplin dalam mengatur anggaran. Belajar hidup seimbang dan berhenti kebiasaan belanja.

2. Buatlah anggaran

Salah satu cara agar disiplin mengatur keuangan adalah membuat anggaran. Buat anggaran belanja setiap pekan atau bulah. Kemudian tentukan banyaknya dana untuk kebutuhan A dan kurangi untuk yang tidak terlalu penting.

3. Pisahkan kebutuhan

Dalam mengatur anggaran, pastikan Anda sudah memisahkan untuk kebutuhan utama. Artinya, pisahkan uang tabungan terlebih daahulu sebelum membagi uang belanja.

4. Belajar berkata ‘tidak’

Teman adalah musuh dalam rangka perang melawan kelebihan belanja. Mereka akan selalu senang hati mengundang anda makan malam, nonton film, atau jalan ke mal. Maka belajarlah menolak tawaran teman yang hanya menggoyahkan rencana Anda menabung.

Itulah tips bagaimana cara mengelola keuangan sendiri untuk anda yang baru mulai bekerja. Semoga bermanfaat.

loading...
About these ads

Loading...
4 Cara Mengelola Keuangan Sendiri | akbar | 4.5