4 Cara Mengatasi Gatal di Kulit Kepala Karena Ketombe

Ketombe tidak hanya mengganggu penampilan, namun juga menyebabkan kulit kepala menjadi gatal.

Penyebab Munculnya Ketombe

Ketombe berasal dari jamur di kulit kepala yang disebut dengan nama Melassezia. Jamur ini menyebabkan kulit kepala mengelupas terus menerus yang menganggu pergantian sel sehat. Hasilnya serbuk-serbuk putih yang kita sebut ketombe.

Cara Mengobati Gatal di Kulit Kepala Karena Ketombe

Pada orang yang berketombe, maka biasa ia akan merasakan gatal di bagian kulit kepala hingga akhirnya kulit kepala menjadi sering digaruk. Adapun penyebab kenapa muncul rasa gatal di kulit kepala bisa dikarenakan 2 hal, yaitu bekas luka di kulit kepala atau luka akibat pendarahan terbuka.

Tapi jangan khawatir, karena ada cara mengatasi rasa gatal di kulit kepala karena ketonbe ini, yaitu dengan menggunakan bahan-bahan yang alami. Berikut beberapa diantaranya:

1. Lemon

Peras setidaknya 3 buah lemon dan tambahkan dalam air yang akan digunakan untuk mandi. Bilas rambut dengan air tersebut agar rasa gatal berkurang.

2. Cuka Apel

Membilas rambut dengan cuka apel dapat mengobati ketombe dan rasa gatal di kulit kepala.

3. Lidah Buaya

Blender lidah buaya hingga menjadi jus segar, kemudian terapkan pada kulit kepala yang gatal. Setelah 15 menit dan lidah buaya meresap, bilas kepala dengan air hangat. Ulangi setiap bulan sampai masalah tersebut berkurang.

4. Bawang Merah

Ekstrak dari jus 2 bawang merah yang ditambahkan dengan satu cangkir air dapat berguna untuk mengurangi rasa gatal akibat ketombe jika dipijatkan ke kulit kepala dan dibiarkan hingga kering. Setelah setengah jam, bilas rambut dengan air bersih dan ulangi tiap bulannya.

Selain cara menghilangkan rasa gatal menggunakan bahan alami di atas, maka penting juga untuk menjaga kebersihan kulit kepala yaitu dengan keramas untuk menghilangkan ketombe.

loading...
Loading...
4 Cara Mengatasi Gatal di Kulit Kepala Karena Ketombe | akbar | 4.5