4 Cara Mencegah Infeksi Mata Karena Penggunaan Lensa Kontak

Lensa kontak kini sering digunakan sebagai pengganti kacamata oleh mereka yang bermasalah dengan penglihatan. Selain itu, lensa kontak pun bisa digunakan sebagai salah satu aksesoris untuk mempercantik mata.

Sayangnya, bila tidak digunakan dengan benar maka penggunaan lensa kontak juga bisa menyebabkan bahaya bagi kesehatan mata penggunanya. Bahaya akibat penggunaan lensa kontak bisa berupa infeksi mata hingga yang terburuk adalah menyebabkan kebutaan.

Cara Meminimalisir Resiko Infeksi Mata Karena Penggunaan Lensa Kontak

Bila dilakukan dengan benar, maka pengguna lensa kontak sebenarnya tidak perlu khawatir akan akibat buruk penggunaan lensa kontak. Menjaga kebersihan saat pemakaian kontak lensa bisa menghindarkan infeksi mata.

Centre for Disease Control And Prevention Amerika Serikat menyerankan kepada pengguna lensa kontak untuk bisa mengurangi risiko infeksi mata dengan cara seperti berikut ini:

  1. Sebelum menyentuh lensa kontak, pastikan mencuci tangan dengan sabun dan air secara menyeluruh lalu keringkan terlebih dahulu.
  2. Saat akan tidur, mandi atau berenang lepaslah lensa kontak.
  3. Setiap kali lensa kontak dilepas, maka gosok atau cuci lensa kontak dengan larutan desinfektan.
  4. Bersihkan wadah dengan larutan dan simpan terbalik setiap selesai menggunakannya.

Menurut hasil riset yang pernah dilakukan, diketahui bahwa pengguna lensa kontak lima kali lebih tinggi berisiko terserang infeksi mata jika membeli lensa kontak dari Internet. Sebab, barang yang dibeli melalui jagat maya ini minim peringatan untuk menjaga lensa dalam keadaan bersih.

Itulah informasi tentang cara yang bisa dilakukan untuk untuk mencegah atau setidaknya dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya infeksi mata akibat menggunakan lensa kontak. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
4 Cara Mencegah Infeksi Mata Karena Penggunaan Lensa Kontak | akbar | 4.5