4 Cara Jitu Mencegah Perut Buncit

Seiring bertambahnya usia seseorang, menjaga perut tetap ramping sangatlah sulit dilakukan. Namun, ada cara jitu yang bisa dilakukan untuk mempertahankan agar perut tetap ramping.

Dalam sebuah penelitian, intervensi gaya hidup secara intens selama satu tahun berhasil menurunkan lemak perut sampai 26 persen dan tingkat kebugaran kardiorespiratori sampai 20 persen pada pria yang memiliki perut buncit.

Ada beberapa cara yang dapat dibilang cukup ampuh dalam mencegah perut buncit. Berikut beberapa diantaranya:

1. Konseling

Lakukan konseling setiap 2 minggu sekali pada 4 bulan pertama dan selanjutnya sebulan sekali. Isi konseling tersebut adalah bagaimana mengatur asupan makanan dan rutin berolahraga.

2. Atur asupan

Pola makan yang disarankan antara lain adalah menambah asupan protein sehat dan mengurangi karbohidrat. Asupan lemak jenuh juga wajib dibatasi, misalnya daging merah, mentega, dan juga makanan bersantan dan digoreng. Hindari pula makanan yang mengandung sirup jagung fruktosa tinggi, seperti minuman bersoda, cookies, dan berbagai makanan ringan.

3. Aktif bergerak

Ingatlah untuk selalu bergerak. Memilih untuk berjalan kaki ketimbang naik kendaraan untuk jarak yang dekat, berolahraga ringan sambil menonton televisi ketimbang duduk atau tiduran, dan lain sebagainya.

4. Kombinasi latihan

Olahraga kardio saja kurang efektif untuk membakar banyak lemak. Kombinasikan dengan latihan beban. Bila perlu mintalah bantuan pelatih kebugaran untuk merancang latihan yang tepat bagi Anda.

loading...
Loading...
4 Cara Jitu Mencegah Perut Buncit | akbar | 4.5