4 Cara Ampuh untuk Mengatasi Ketombe

Selain merusak penampilan, hadirnya ketombe di kulit kepala kita juga menjadi penyebab kulit kepala menjadi terasa gatal. Bila ini terus dibiarkan, rasa gatal akibat ketombe ini tentu bisa menyebabkan kerusakan rambut dan kulit kepala akibat kulit kepala terus digaruk yang akan menyebabkan terjadinya lecet.

Walaupun sudah menggunakan sampo anti ketombe, namun ketombe terkadang masih saja mengganggu. Tapi jangan khawatir, sebagaimana yang dilansir Womenshealthmag.com, ada beberapa cara menghilangkan ketombe yang bisa anda coba lakukan. Berikut diantaranya:

1. Gunakan sampo yang tepat
Zinc punya khasiat untuk melawan ketombe. Karena itu, pastikan ada kandungan zinc dalam sampo yang anda gunakan. Zinc memiliki kandungan anti-bakteri yang bisa memperlambat munculnya ketombe. Gunakanlah sampo yang memiliki kandungan zinc sebagai perlawanan terhadap ketombe.

2. Bersihkan sisir rambut
Ada baiknya bila sisir yang anda gunakan sehari-hari anda bersihkan. Ini karena bisa jadi kuman dan jamur penyebab ketombe menumpuk di sana. Untuk cara membersihkan sisir, caranya adalah dengan merendam sisir dalam larutan cuka dan air hangat selama 30 menit. Lakukan selama 2-3 kali seminggu.

3. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin
Agar sehat, kulit kepala juga membutuhkan vitamin. Beberapa jenis vitamin yang perlu dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kulit vitamin A, B, dan C. Vitamin ini larut dalam air dan baik untuk sistem dan pertumbuhan sel kulit kepala. Tidak hanya itu saja, vitamin ini juga mendukung sistem kekebalan tubuh yang juga bermanfaat untuk melawan ketombe.

4. Konsultasi dengan ahli
Bila semua hal diatas sudah biasa anda lakukan namun ketombe tetap saja ada, maka anda perlu melakukan konsultasi dan perawatan dengan salon yang dilengkapi dengan ahli kepala. Dengan cara ini, maka masalah ketombe yang anda alami akan ditangani sesuai dengan jenis kulit kepala.

loading...
Loading...
4 Cara Ampuh untuk Mengatasi Ketombe | lawas | 4.5