4 Cara Alami untuk Mengobati Batuk Kering Pada Anak

Batuk kering yang terjadi pada anak membuat anak merasa tidak nyaman dan tentu saja menjadi rewel. Umumnya batuk kering akan bertambah parah saat cuaca sedang panas.

Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara alami untuk mengobati batuk kering pada anak yang bisa dicoba.

Cara Mengobati Batuk Kering pada Anak Menggunakan Bahan Alami

Berikut ini adalah beberapa cara mengobati batuk kering pada anak yang bisa dicoba:

1. Perbanyak minum air putih

Batuk kering membuat tenggorokan si kecil menjadi sakit. Karena itu, dengan memperbanyak minum air putih akan bisa melegakan tenggorokan anak yang perih dan kering akibat batuk terus menerus.

2. Konsumsi sup ayam

Sup ayam yang dikombinasikan dengan bawang putih bisa mencegah virus akibat batuk, demikian sebagaimana anjuran dari seorang profesor dari University of California, David Becker, MD. Selain itu, sup ayam juga akan membuat anak merasa lebih segar dan sehat setelah mengonsumsinya.

3. Uapi dengan air hangat

Menguapkan air hangat kepada anak yang sedang batuk dipercaya bisa membantu melenggakan saluran pernafasan yang terhambat karena batuk. Maka dari itu, ibu bisa coba untuk menghidupkan shower air hangat untuk menghasilkan uap air, kemudian ajak si kecil masuk ke dalam kamar mandi dan tutup pintunya. Biarkan ia menghirup uap air hangat selama beberapa menit.

4. Berikan madu

Madu memiliki kandungan yang sama efektifnya dengan dextromethorphan yang biasa terdapat dalam sejumlah obat batuk. Namun perlu diketahui untuk tidak memberikan madu kepada anak di bawah usia 1 tahun karena ususnya belum berkembang dengan sempurna.

Pada umumnya batuk pilek disebabkan oleh infeksi virus dan tidak memerlukan antibiotik, terkecuali pada kondisi tertentu. Jika si kecil tidak mengalami perubahan setelah mencoba cara alami untuk mengatasi batuk kering pada anak, sebaiknya si kecil dibawa ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan sebelum memberikan obat.

The Food and Drug Administration (FDA) mengatakan, bahwa memberikan obat batuk pada anak tanpa resep dokter aman digunakan bagi anak di atas usia 4 tahun. Sementara, untuk anak di bawah 4 tahun harus sesuai dengan resep dokter. Hal ini bertujuan untuk mencegah risiko dan efek samping serius yang akan membahayakan kesehatan si kecil.

loading...
Loading...
4 Cara Alami untuk Mengobati Batuk Kering Pada Anak | akbar | 4.5