4 Bahaya Menjadi Seorang Perokok Pasif

Dalam dunia kesehatan, dikenal ada dua tipe perokok, yaitu perokok aktif dan perokok pasif. Perokok aktif adalah si pelaku atau orang yang merokok, sementara itu perokok pasif adalah orang yang menghisap asap bakaran rokok.

Merokok tidak hanya berbahaya untuk si perokok aktif, namun juga akan memberikan dampak buruk terhadap kesehatan orang-orang yang ada di sekitarnya. Karena itu, apapun alasannya, merokok tetaplah tidak dianjurkan dalam dunia kesehatan.

Bahkan, menjadi seorang perokok pasif mempunyai peluang terkena bahaya atau dampak buruk merokok daripada si perokok aktif. Jadi, selain berhenti merokok, anda pun harus berusaha untuk menjauh dari area dimana ada asap rokok.

Sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky, meski anda tidak secara langsung merokok, namun tetap saja ada beberapa bahaya atau efek samping yang mungkin akan muncul dari terlalu sering menghisap asap rokok orang-orang di sekitar anda. Berikut beberapa diantaranya:

1. Penyakit jantung koroner

Meski anda bukan seorang perokok aktif namun karena terbiasa menghirup asap rokok karena anda berada di dekat orang-orang yang menjadi perokok aktif, maka anda akan memiliki risiko lebih besar terkena penyakit jantung koroner.

2. Sesak napas atau Asma

Perokok pasif telah ditemukan untuk menjadi alasan penting di balik banyaknya orang yang menderita asma.

3. Serangan jantung dan stroke

Menjadi seorang perokok pasif akan membuat darah menjadi lengket dan cenderung menyumbat pembuluh darah. Dengan demikian, kondisi ini dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

4. Kanker paru-paru

Menjadi perokok pasif akan membuat anda menjadi lebih rentan terkena kanker paru-paru. Dengan menjadi seorang perokok pasif, maka risiko kanker paru-paru pada individu tersebut akan meningkat sekitar 20-30 persen. Perokok pasif ditemukan dapat menghirup lebih dari 4000 zat kimia, yang mana hampir 69 zat tersebut diketahui menyebabkan kanker, terutama kanker paru-paru.

Jadi dengan demikian, selain anda berhenti merokok, juga sebaiknya anda jauhi dari berada di lingkungan orang-orang merokok. Anda boleh saja tetap berteman dan bersahabat dengan seorang perokok aktif, namun saat mereka memulai aksi merokoknya, maka tidak ada salahnya bila untuk sementara menjauh. Hal ini akan menjauhkan anda dari resiko bahaya menjadi seorang perokok pasif.

loading...
Loading...
4 Bahaya Menjadi Seorang Perokok Pasif | lawas | 4.5