Loading...

4 Asupan Makanan Sehat untuk Meredakan Sembelit

Sembelit atau susah buang air besar tak harus selalu diatasi dengan minum obat. Karena cukup dengan mengonsumsi asupan berikut, masalah sembelit Anda bisa segera diatasi.

Disadari atau tidak, ada beberapa asupan makanan tertentu yang bisa membantu meredakan keluhan sembelit seseorang. Selain tidak memiliki efek samping, juga sangat ekonomis dan mudah didapatkan.

Seperti yang dikutip dari laman Magforwomen, berikut adalah beberapa asupan makanan yang bisa bermanfaat membantu meredakan sembelit.

1. Buah-buahan segar
Mengonsumsi buah-buahan segar seperti apel dan pir bisa memberikan sejumlah manfaat. Salah satu manfaat mengonsumsi buah-buahan tersebut adalah meringankan keluhan sembelit seseorang. Apalagi, bila Anda mengonsumsi buah-buahan itu tanpa mengupas kulitnya, yang sudah dikenal sangat kaya akan kandungan seratnya.

2. Jeruk nipis
Minum segelas air hangat lemon plus garam bisa bertindak sebagai agen pembersih usus, sehingga bisa membantu dan memudahkan pengeluaran tinja. Sementara itu, Anda juga bisa meminum campuran satu sendok teh jus lemon dalam segelas air hangat dan menambakannya sedikit garam ke dalamnya. Meminum jus itu akan menawarkan bantuan atas keluhan sembelit Anda.

3. Biji-bijian
Biji rami yang terkenal kaya akan kandungan serat sangat baik untuk membantu mengatasi masalah sembelit Anda. Namun bila Anda tidak terbiasa untuk langsung mengonsumsinya, Anda juga bisa mencampur biji rami ke dalam sereal untuk sarapan setiap pagi.

4. Air
Mengonsumsi air akan membuat pergerakan usus menjadi lebih halus dan membuat tinja lebih mudah untuk keluar. Untuk menghindari gangguan sembelit dalam jangka panjang, konsumsilah air sekira 10 sampai 12 gelas perhari.

loading...
Loading...
cara mengatasi love bird sembelit, Cara mengatasi lovebird bebelen

4 Asupan Makanan Sehat untuk Meredakan Sembelit | lawas | 4.5