3 Penyebab Nyeri Di Sekitar Payudara

Payudara adalah salah satu bagian penting dari tubuh wanita. Maka dari itu, segala jenis keluhan yang muncul pada organ sensitif ini tidak boleh disepelekan, termasuk juga rasa nyeri.

Ada banyak hal yang menyebabkan nyeri di sekitar bagian payudara. Berikut adalah beberapa sebab nyeri di sekitar payudara, sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky.

1. Terlalu banyak minum kopi
Nyeri di payudara lebih sering terjadi pada wanita yang hobi minum kopi mengandung kafein. Sebenarnya, bila dikonsumsi dalam batas yang wajar, kafein bisa memberikan manfaat bagi kesehatan. Minum kopi cukup dua atau tiga cangkir sehari, jangan lebih.

2. Hormon yang tidak seimbang
Perubahan atau ketidakseimbangan hormonal juga bisa menyebabkan nyeri di sekitar bagian payudara wanita. Umumnya, periode perubahan hormonal ini terjadi saat siklus menstruasi, kehamilan dan menopause, di mana penyebabnya adalah menurunnya hormon estrogen. Selain itu, penurunan hormon estrogen juga bisa karena stres yang pada akhirnya mengakibatkan nyeri payudara.

3. Efek samping obat
Nyeri payudara juga bisa disebabkan oleh efek samping konsumsi obat-obatan. Beberapa obat memang memiliki efek samping terhadap penurunan hormon estrogen yang pada akhirnya akan menyebabkan nyeri payudara.

loading...
About these ads

Loading...
3 Penyebab Nyeri Di Sekitar Payudara | lawas | 4.5