3 Jenis Olahraga yang Cocok untuk Ibu Hamil Usia 9 Bulan

Pada usia kehamilan memasukan bulan ke sembilan, rasa cemas dan was-was seringkali menghantui hati para ibu. Hal ini tentunya terkait dengan masa menanti kelahiran bayi yang tinggi menghitung hari.

Pada usia kehamilan ini, kemungkinan posisi bayi dalam perut ibu masih bisa berubah-ubah. Hal itu yang seringkali menjadi salah satu penyebab ibu merasa was-was, terutama bagi ibu yang ingin melahirkan normal. Karena untuk proses melahirkan bayi secara normal, posisi bayi sangat menentukan dalam kelancaran melahirkan nantinya.

Nah, agar posisi bayi tidak sungsang, maka ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini yang dikutip dari laman Thehealthsite berikut ini:

1. Jalan kaki

Jalan kaki dapat membantu melancarkan peredaran darah. Manfaat jalan kaki juga bisa membantu membakar kalori. Untuk ibu yang sedang hamil tua, maka sering berjalan kaki juga sangat dianjurkan. Karena itu, disela-sela aktivitas dan beban yang semakin berat karena bayi dalam kandungan yang semakin membesar, tetaplah berusaha untuk terus menggerakkan kaki minimal dengan jalan kaki selama satu jam dalam sehari. Manfaat jalan kaki untuk ibu hamil tua ini menurut para ahli adalah bisa membantu dalam mempermudah persalinannya secara normal kelak, juga bayi nantinya tidak lahir sungsang.

2. Berenang

Olahraga renang tidak hanya bisa membantu menurunkan berat badan. Namun juga baik untuk ibu hamil dimana jenis olahraga ini bisa untuk membantu agar posisi bayi tidak sungsang, olahraga renang juga tetap bisa dilakukan ibu yang sedang hamil tua. Karena dengan bergerak di dalam kolam akan membuat rahim ibu kuat menahan kepala si bayi dan siap untuk melahirkan normal. Agar manfaat dari olahraga renang untuk ibu yang sedang hamil tua ini bisa semakin terasa, maka bisa dilakukan cukup dalam seminggu sebanyak tiga kali.

3. Prenatal yoga

Prenatal yoga juga sangat disarankan untuk dijalani oleh ibu yang sedang hamil tua dan tengah menunggu kelahiran bayi. Nantinya di sela-sela gerakan yoga yang diberikan oleh instruktur, akan diajarkan latihan pernapasan yang akan membuat ibu hamil menjadi lebih rileks saat melahirkan nanti. Saat yoga, ibu juga akan dijarkan cara melahirkan secara gentle birth. Posisi bayi pun tetap ada di mulut rahim dan siap hadir ke dunia untuk memberikan kebahagiaan yang sempurna bagi keluarga.

Itulah beberapa aktivitas fisik atau olahraga sederhana yang bisa dilakukan ibu hamil tua sembari menunggu proses melahirkan yang tinggal beberapa hari saja. Selamat berjuang dan semoga bayi anda bisa lahir secara normal dan sehat tentunya. Juga semoga dengan kehadiran bayi anda kelak akan memberikan kesempurnaan cinta dan kebahagiaan di tengah-tengah keluarga.

loading...
Loading...
manfaat nata de coco bagi ibu hamil, manfaat nata de coco untuk ibu hamil

3 Jenis Olahraga yang Cocok untuk Ibu Hamil Usia 9 Bulan | akbar | 4.5