3 Cara Menghindari Rasa Nyeri Saat Berhubungan Seksual

Masalah nyeri saat berhubungan seksual sering dirasakan oleh kaum wanita. Nyeri yang muncul bisa disebabkan oleh kurangnya pelumas (lubrikan) yang keluar dari alat kelamin wanita sehingga saat alat kelamin pria masuk ke dalam alat kelamin wanita akan timbul rasa nyeri.

Terkadang nyeri yang dirasakan bersifat traumatis dan sulit dilupakan sehingga pada aktivitas seksual berikutnya, biasanya lubrikan yang kurang didukung oleh vagina yang tidak membuka, serta ingatan akan rasa nyeri tersebut akan memperparah rasa nyeri yang terjadi sehingga akan timbul nyeri yang lebih hebat lagi.

Normalkah Nyeri Ketika Berhubungan Seks?

Masalah ini memang bukanlah masalah yang mengancam nyawa, namun membutuhkan perhatian khusus karena berhubungan dengan masalah psikologis pasangan sehingga dapat berdampak pada kehidupan rumah tangga seseorang.

Nyeri saat dan setelah senggama dapat disebabkan oleh faktor usia, yaitu pada usia-usia pre-menopause ataupun pasca-menopause, pada usia ini faktor hormon berperan sehingga jumlah lubrikan yang keluar menjadi berkurang. Dapat juga dipengaruhi oleh adanya infeksi pada alat kelamin wanita atau organ reproduksi wanita sehingga peradangan yang terjadi akan menimbulkan nyeri setiap terjadi penetrasi alat kelamin pria ke dalam alat kelamin wanita.

Bila terjadi masalah ini hendaknya pasangan segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut, karena jika penyebab tidak diatasi maka nyeri akan terus berulang. Hal ini tentunya akan membuat stres pasangan wanita karena akan menyebabkan hilangnya gairah seks pasangan wanita.

Beberapa kiat yang dapat dilakukan untuk mengurangi nyeri ketika senggama, antara lain:

1. Tambah lubrikan

Salah satu yang dapat dilakukan adalah menggunakan cairan pelembab kulit sebagai lubrikan tambahan yang diberikan pada alat kelamin pria dan alat kelamin wanita sehingga saat penetrasi, nyeri dapat berkurang.

2. Women, take control

Selain itu, saat melakukan penetrasi hendaknya si wanita yang memasukkan sendiri alat kelamin pasangannya supaya dapat mengendalikan penetrasi tersebut.

3. Take it slow & tidak terlalu memaksa ke dalam

Juga dihindari melakukan penetrasi yang terlalu dalam karena pada pasien-pasien dengan infeksi organ reproduksi akan mengalami nyeri di bagian dalam.

loading...
About these ads

Loading...
3 Cara Menghindari Rasa Nyeri Saat Berhubungan Seksual | lawas | 4.5