6 Bahan Herbal untuk Menumbuhkan Rambut dengan Cepat

Rambut adalah harta tak ternilai setiap orang, baik pria maupun wanita. Karena itulah tidak mengherankan bila anda ungkapan bahwa rambut adalah ibarat mahkota.

Agar rambut kita selalu terlihat mempesona, maka bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan cara memanjangkannya. Sayangnya, stres, obat-obatan dan juga diet yang kita lakukan ternyata bisa menyebabkan kerontokan rambut.

Tapi anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa bahan alami yang bisa dicoba untuk membantu menumbuhkan rambut dengan mudah dan cepat.

Untuk memicu pertumbuhan serta menyehatkan rambut, maka perlu untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan baik untuk rambut. Yang mana bila dilakukan hal ini juga bisa membantu dalam merangsang agar rambut bisa tumbuh dengan cepat dan sehat. Beberapa kebiasaan baik yang bisa membantu mempercepat pertumbuhan rambut misalnya:

Konsumsi makanan sehat. Tidak hanya baik untuk tubuh, makanan sehat juga nutrisi penting untuk rambut agar tumbuh lebih cepat dan hitam.

Merawat rambut dengan hati-hati. Keringkan rambut dahulu baru menyisir rambut setelah keramas. Jika rambut susah disisir gunakanlah sisir yang memiliki gigi lebih jarang.
Pangkas rambut secara rutin. Selain membuat rambut menjadi rapi, memangkas juga menghilangkan ujung rambut yang bercabang.
Menghindari mencuci rambut setiap hari. Terutama jika rambut anda termasuk jenis rambut kering.
Memijat kulit kepala. Baik dilakukan saat keramas maupun saat memakai minyak rambut.

Bahan Alami untuk Menumbuhkan Rambut dengan Cepat

Berikut adalah bahan alami yang bisa membantu menumbuhkan rambut dengan cepat sebagaimana yang dikutip dari laman Healthmeup dan beberapa sumber lain:

1. Lidah buaya
Lidah buaya atau yang dikenal juga dengan nama aloe vera selain bisa untuk mengobati rambut rontok juga bisa berguna untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala. Anda bisa menggunakan tanaman lidah buaya ini sebagai styling gel. Caranya adalah dengan mengoleskan lidah buaya selama dua jam, maka dijamin rambut anda akan terlihat lebih sehat dan juga berkilau.

2. Ginseng
Ginseng digunakan untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah ke follices rambut kantung kecil (tempat akar satu helai rambut berada) sehingga akan meningkatkan pertumbuhan rambut. Anda bisa memilih suplemen ginseng atau bisa juga dengan cara mengoleskan ginseng bersama dengan minyak rambut di kulit kepala secara langsung.

3. Rosemary
Selain untuk membuat rambut menjadi lebih tebal, penggunaan rosemary juga bisa membantu untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala. Minyak Rosemary bisa diaplikasikan pada semua jenis rambut karena menstimulasi folikel rambut sambil mengatasi kerontokan.

4. Santan kelapa
Aplikasikan 400 ml santan ke rambut, kemudian tutup kepala menggunakan handuk kecil yang sudah dihangatkan lalu diamkan. Setelah didiamkan selama 20 menit, bilas rambut dengan air dingin sampai bersih. Cara ini bisa diaplikasikan selama sebulan dengan durasi 4 kali dalam seminggunya.

5. Biji kemiri
Manfaat biji kemiri sudah cukup populer dan sangat dikenal oleh masyarakan sebagai salah satu bahan alami penyubur rambut. Selain mempercepat pertumbuhan rambut, manfaat biji kemiri juga bisa menghitamkan rambut. Adapun cara menggunakan biji kemiri untuk menumbuhkan serta menghitamkan rambut cukup mudah. Cukup dengan cara menggiling biji kemiri sampai halus lalu gunakan untuk mengolesi kulit kepala di malam hari. Pada pagi harinya bersihkan rambut dengan cara keramas sampai rambut bersih. Lakukan cara ini secara rutin agar rambut bisa tumbuh dengan cepat dan hitam.

6. Teh hijau
Teh hijau bisa membantu merangsang pertumbuhan rambut dengan cepat. Kandungan zat antioksidan yang tinggi di dalam teh hijau juga memberikan manfaat membantu dalam mempercepat sirkulasi darah di rambut. Untuk menumbuhkan rambut dengan cepat, balurkan ampas teh hijau ke ramput juga kulit kepala. Setelah merata, tutup memakai handuk dan biarkan selama 20 menit untuk kemudian bilas rambut sampai bersih.

Saat ini memang sudah ada banyak obat penumbuh rambut atau obat penyubur rambut yang di jual di pasaran. Namun biasanya produk-produk penumbuh dan penyubur rambut dijual dengan harga yang cukup fantastis. Karena itu, tidak ada salahnya bila kita mencoba dulu cara menumbuhkan rambut dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tentunya harganya jauh lebih murah.

loading...
About these ads

Loading...
6 Bahan Herbal untuk Menumbuhkan Rambut dengan Cepat | lawas | 4.5
bagaimana caranya biar gunting bisa tajam lagi, penggunaan ampas kemiri