10 Tanda-tanda Seseorang Terkena Gangguan Tiroid

Meski jarang terjadi, namun ketika seseorang terkena masalah gangguan tiroid ini akan sangat mengganggu kesehatan. Gangguan toroid sendiri ada dua jenis, yaitu hipotiroid dan hipertiroid. Kelebihan hormon tiroid menyebabkan anda mengalami hipertiroid, sementara kekurangan membuat anda terkena hipotiroid.

Berikut adalah gejala-gejala yang muncul ketika anda terkena gangguan tiroid, sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky.

1. Penurunan atau kenaikan berat badan secara drastis
Salah satu tanda yang paling umum ketika seseorang terkena gangguan tiroid adalah adanya penurunan berat badan secara drastis, atau bahkan juga bisa ditandai dengan naiknya berat badan secara drastis. Ketika berat badan tiba-tiba naik, maka menandakan hipotiroid atau rendahnya hormon tiroid. Sementara ketika terjadi penurunan berat badan, maka itu merupakan gejala hipertiroid atau tingginya kadar hormon tiroid.

2. Pembengkakan di leher
Pembengkakan atau pembesaran di leher mungkin merupakan gejala gangguan tiroid. Benjolan biasanya tumbuh di dalam tempat kelenjar tiroid di sekitar samping leher.

3. Rambut rontok
Ketika tiba-tiba anda mengalami kerontokan rambut, maka iti bisa menjadi pertanda hormon tiroid tidak berfungsi dengan baik. Baik hipertiroid dan hipotiroid, rambut rontok adalah gejala awalnya.

4. Perubahan mood
Terjadinya perubahan mood dan energi menjadi tanda umum dari gangguan tiroid. Hipertiroid bisa membuat anda merasa sangat lelah, sementara pada hipotiroid anda akan merasakan kegelisahan dan gangguan tidur.

5. Kedinginan atau kepanasan
Ketidakseimbangan dalam kelenjar tiroid akan menganggu kemampuan tubuh untuk mengatur suhu. Sehingga, terkadang anda akan sering merasa tubuh benar-benar panas dan kemudian tiba-tiba menjadi dingin. Hipotiroid bisa membuat anda merasa kedinginan, sementara hipertiroid menyebabkan anda berkeringat secara berlebihan.

6. Tubuh bermasalah
Banyak hal yang dapat menandakan anda mengalami gejala gangguan tiroid. Biasanya, kulit tubuh anda menjadi kering, kuku pun rapuh dan lemah, tangan sering kesemutan, kulit bengkak dan merah.

7. Kelelahan
Apakah anda merasa lelah meskipun telah memperoleh tidur selama tujuh sampai delapan jam? Hal tersebut bisa menjadi pertanda anda mengalami gejala-gejala dari gangguan tiroid. Selain itu, tidur siang lebih dari sekali juga bisa menjadi pertanda Anda mengalami gejala-gejala gangguan tiroid.

8. Siklus menstruasi terganggu
Memiliki siklus menstruasi yang menyakitkan adalah gejala hipotiroid. Sedangkan, siklus menstruasi yang tidak teratus bisa menandakan anda mengalami hipertiroid. Bahkan jika gangguan tiroid yang tersisa tidak terdiagnosis, hal tersebut dapat menyebabkan masalah kesuburan.

9. Masalah usus
Sembelit yang berkepanjangan dapat dihubungkan dengan hipotiroid. Sedangkan, diare atau irritable bowel syndrome (IBS) adalah gejala hipertiroid.

10. Nyeri otot dan sendi
Nyeri otot dan sendi tidak hanya terjadi setelah beraktivitas berat, tetapi juga karena adanya gangguan tiroid. Nyeri pada tulang, nyeri pada otot dan pergelangan kaki merupakan gejala ketidakseimbangan tiroid.

loading...

Loading...
10 Tanda-tanda Seseorang Terkena Gangguan Tiroid | chsa | 4.5
penyakit tiroid, gejala tiroid, tanda tanda tiroid, tanda-tanda tiroid, tanda tiroid, gejala penyakit tiroid, gangguan tiroid, tanda penyakit tiroid, apa itu tiroid, gejala hipotiroid, ciri ciri penyakit tiroid, hipotiroid, penyebab penyakit tiroid, penyakit teroid, tiroid adalah, simptom tiroid, gejala kelenjar tiroid, tanda-tanda penyakit tiroid, gejala teroid, ciri ciri kelenjar tiroid, ciri ciri tiroid, tanda tanda penyakit tiroid, masalah tiroid, Gejala hipertiroid, tyroid, penyakit tyroid, gejala gangguan tiroid, penyakit thyroid, sakit tiroid, penyakit teroit