10 Rahasia Sukses Mengikuti Ujian Nasional (UN) untuk SD, SMP dan SMA

Ujian Nasional merupakan masa yang paling mengkhawatirkan dan menakutkan bagi sebagian besar pelajar, baik itu tingkat SD, SMP maupun SMA. Ya bagaimana tidak. Ujian Nasional merupakan salah satu kunci sukses untuk melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya.

Dengan nilai ujian yang bagus maka impian untuk masuk ke sekolah atau perguruan tinggi favorit jadi sedikit lebih mudah. Salah satu kunci sukses untuk dapat mengerjakan soal UN adalah belajar. Dengan belajar maka akan ada banyak pelajaran yang dapat kita simpan dalam otak, sehingga pada saat mengerjakan soal-soal menjadi mudah.

Namun sukses ujian nasional atau UN tidak hanya butuh belajar, fisik dan mental juga harus dipersiapkan. Nah, untuk kamu yang saat ini sedang menunggu-nunggu masa paling mendebarkan selama sekolah, berikut ini ada trik rahasia sukses mengerjakan soal-soal ujian nasional UN.

1. Persiapkan mental

Seberapa cerdas otak kamu, namun bila memiliki sikat mental yang negatif akan sulit bagi kamu untuk dapat menyelesaikan soal ujian dengan sempurna. Beberapa diantara sikap mental negatif yang perlu dihindari adalah: minder, gampang panik, tidak sabaran & mudah menyerah sebelum bertanding alias gampang putus asa.

Saat melihat teman sudah selesai mengerjakan soal-soal dan keluar ruangan, kamu tidak boleh panik. Tetaplah tenang dan kerjakan soal-soal yang belum selesai. Bila ada waktu, periksa ulang jawaban yang sudah kamu buat.

Memupuk semangat belajar juga penting. Jangan karena kamu merasa bodoh lalu pasrah dan tidak belajar.

Untuk itu kamu harus membangun sikap percaya diri, yakinlah bahwa kamu pasti akan lulus. Jika kamu berusaha keras menyiapkan diri sebaik-baiknya, belajar dengan serius, bukan hanya sekedar lulus, bahkan peringkat bintang pun bisa akan bisa kamu gaet dengan mudah.

2. Rajin memotivasi diri

Motivasi yang terbaik adalah motivasi yang datang dari diri sendiri. Motivasi juga akan sangat dipengaruhi oleh visi & misi. Visi adalah apa yang kamu inginkan terjadi pada dirimu dimasa yang akan datang. Sementara itu misi adalah apa-apa yang harus kamu lakukan untuk dapat mewujudkan mimpi-mimpi besarmu itu.

3. Menetapkan target

Dengan target kamu akan bekerja denga penuh semangat. Target juga adalah alat yang efektif untuk mengusir rasa malas, bosan, jenuh & seabrek pemikirian negatif lainnya.

Akan tetapi, target tetaplah harus yang realistis. Kamu bisa mengukur target berdasarkan kemampuan yang kamu miliki.

4. Kurangi kebiasaan yang tidak produktif

Dalam setiap kesuksesan dibutuhkan perjuangan. Karena itu bila kamu ingin sukses ujian maka kamu harus mengorbankan kebiasaan yang kurang produktif dan hanya membuang waktu dan tenaga.

Misalnya kamu suka menonton televisi atau jalan-jalan. Untuk sementara, selama menjelang ujian ada baiknya bila waktu-waktu tersebut kamu gunakan untuk belajar saja. Baru setelah ujian nasional selesai aktivitas tersebut bisa kamu lanjutkan lagi.

5. Sediakan waktu yang cukup untuk belajar

Semakin kamu serius belajar, rasa bahwa kamu belum tahu apa-apa ternyata semakin besar. Banyak hal yang menarik jika kamu benar-benar memahami sebuah permasalahan. Belajar jadi terasa mengasyikkan. Malah jadi satu hobi yang menyenangkan.

Jangan pernah mengandalkan SKS (Sistem Kebut Semalam) untuk menghadapi ujian, karena hanya akan mendatangkan kegugupan dibanding belajar secara rutin. Belajar secara rutin akan membuat hafalan atau pengetahuan lebih melekat pada otak.

6. Rajin membaca

Membaca adalah aktivitas paling utama dalam belajar. Karena itu kamu harus dapat menemukan cara membaca buku yang nyaman. Misalnya inner journey, mengaitkan apa yang sedang kamu baca dengan hal-hal yang terjadi. Misalnya saja kamu sedang membaca teori tentang gempa bumi. Kamu bisa menghubungkannya dengan kejadian gempa yang baru ini terjadi. Membaca seperti itu akan terasa lebih santai dan tidak membosankan.

7. Bikin catatan yang menarik

Membuat catatan disini maksudnya adalah membuat ringkasan materi yang cantik. Bukan untuk mencontek saat ujian, namun agar kamu tidak perlu lagi berkutat dengan buku yang tebal-tebal itu, catatan ringkas akan mempermudah kamu untuk menemukan inti atau pokok-pokok materi dari setiap pelajaran.

8. Temukan gaya belajar

Setiap orang memiliki karakter dan kebiasaan cara belajar yang berbeda. Karena itu kamu tidak bisa mengikuti cara belajar teman kamu.

9. Pada saat ujian

Karena kamu sudah belajar, maka ketika ujian berlangsung kamu tidak boleh tegang, namun harus rileks. Untuk menghindari segala kemungkinan maka usahakan hadir lebih awal. Setiba tempat ujian jangan mendekat dengan teman-teman. Tunggulah dengan tenang sambil berpikir positif. Berpikir positif dengan menyingkirkan segala pikiran tentang kelemahan-kelemahan apalagi hal-hal yang tidak kamu ketahui dengan jelas.

10. Berdoa

Kita diciptakan oleh Tuhan dan semuanya adalah milik-NYA. Kesanggupan kita dalam melangkah, pendengaran apalagi kecerdasan ada dalam pengawasan dan kendalinya. Karena itu, beroalah mohon petunjuk dan bantuan dari-NYA agar dimudahkan dalam mengerjakan soal-soal ujian nasional UN.

loading...
About these ads

Loading...
10 Rahasia Sukses Mengikuti Ujian Nasional (UN) untuk SD, SMP dan SMA | akbar | 4.5
membuat alat sit up sendiri, alat sit up bikin sendiri, buat alat situp sendiri, cara membuat alat bantu sit up, manfaat makan jengkol bagi kecerdasan otak, membuat alat situp sendiri