Loading...

10 Cara Mengatasi Susah Tidur yang Bisa Anda Coba

Banyaknya pekerjaan di kantor sering kali membuat seseorang menjadi stres, belum lagi macet yang dialami ketika berangkat dan pulang kerja. Ketika seseorang mengalami stres, tak jarang itu akan membuat seseorang sulit untuk tidur saat malam hari. Namun jangan khawatir, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah susah tidur tersebut.

Berikut ini tips cara agar bisa mudah tidur saat malam hari yang bisa anda coba :

1. Buatlah jadwal tidur yang teratur

Setiap hari tidur dan bangun pada jam yang sama akan memprogram tubuh anda untuk tidur lebih baik.

2. Buat lingkungan tidur yang baik

Jagalah agar kamar tidur anda setenang dan segelap mungkin. Atur agar suhu kamar tidak terlalu dingin ataupun terlalu panas. Dengan mengatur temperatur, pencahayaan serta suara lingkungan tempat tidur ini akan membantu anda untuk mudah terlelap dan tidak terjaga saat tengah malam.

3. Pastikan tempat tidur nyaman

Anda bisa menyesuaikan bagaimana tempat tidur yang bisa membuat anda tidur nyaman. Beberapa orang mungkin sulit untuk tidur pada tempat tidur yang terlalu lembut atau terlalu keras, atau yang terlalu kecil.

4. Lakukan olahraga secara teratur

Melakukan olahraga setiap hari bisa membuat aliran darah menjadi lancar. Lakukan olahraga secara teratur seperti renang atau berjalan. Tapi ingat, jangan melakukan olahraga yang terlalu berat dekat dengan jam tidur.

5. Kurangi kafein

Kopi dan teh mengandung kafein yang bisa memicu seseorang untuk susah tidur, terutama bila diminum pada malam hari. Karena itu, cobalah untuk menghindari minum kopi atau teh saat malam hari menjelang tidur. Sebagai gantinya, anda bisa minum susu hangat.

6. Kurangi minum alkohol atau makan saat malam

Makan terlalu kenyang kadang membuat perut menjadi pegah hingga mengakibatkan rasa tidak nyaman saat tidur. Begitu juga dengan alkohol yang bisa mengganggu tidur pada dini hari karena membuat anda menjadi sering bolak-balik ke kamar mandi.

7. Hindari rokok

Hilangkan kebiasaan merokok anda. Perokok biasnaya akan lebih sulit tidur, lebih sering terbangun saat malam hari dan tidurnya lebih sering mengalami gangguan.

8. Cobalah untuk rileks sebelum tidur

Mandi dengan air hangat, dengarkan musik slow atau lagu kenagnan, melakukan yoga bisa membantu anda untuk rileks sehingga anda merasa lebih tenang dan nyaman saat tidur.

9. Buat daftar hal-hal yang harus dilakukan esok harinya

Sebelum tidur, luangkan waktu sejenak untuk menulis hal-hal yang harus dilakukan pada pagi harinya untuk mencegah anda melakukannya di tempat tidur sehingga tidak dapat tidur.

10. Bila tidak dapat tidur, jangan bertahan di tempat tidur

Saat anda merasa sudah cukup lama di tempat tidur namun belum juga bisa tidur, maka bangun dan lakukan aktivitas yang membuat santai hingga mengantuk kembali.

Tidur yang cukup saat malam hari akan membuat tubuh anda menjadi segar saat bangun di pagi hari. Anda pn akan lebih semangan dan efektif untuk bekerja.

loading...
Loading...
manfaat minum yakult sebelum tidur, manfaat minum susu kedelai sebelum tidur, menghilangkan efek sabu agar bisa tidur, cara menjahili orang tidur, 6 kebiasaan bikin susah tidur malam

10 Cara Mengatasi Susah Tidur yang Bisa Anda Coba | akbar | 4.5