10 Cara Mencegah Penyebaran Nyamuk Aedes Aegypti Penyebab Demam Berdarah

Demam berdarah adalah penyakit yang cara penyebarannya ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Karena itu untuk mencegah menyebarnya penyakit demam berdarah, maka sangat penting untuk menghentikan perkembang biakan nyamuk Aedes Aegypti yang merupakan penyebab utama demam berdarah dengue (DBD).

Sebagaimana jenis nyamuk lainnya, nyamuk Aedes Aegypti juga menyukai genangan air sebagai tempat berkembang biaknya.

Jalanan yang berlubang atau selokan yang digenangi air akibat musim hujan bisa menjadi asal muasal perkembang biakan nyamuk Aedes Aegypti. Selain itu, perubahan dan manipulasi lingkungan akibat urbanisasi dan pembangunan infrastruktur juga turut menjadi faktor meluasnya daerah endemik. Terlebih lagi banyaknya masyarakat yang kurang perhatian terhadap sampah seperti botol minuman dan lainnya yang bisa menampung air hujan di lingkungan sekitar membuat perkembangan penyakt demam berdarah semakin cepat.

Musim hujan seperti sekarang ini memungkinkan nyamuk Aedes Aegypti berkembang biak dengan mudah. Karena saat musim hujan memungkinkan akan ada banyak genangan air yang mungkin saja akan dijadikan sebagai tempat kembang biak nyamuk.

Untuk cara mencegah berkembangnya penyakit demam berdarah, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar nyamuk tidak bisa berkembang biak:

1. Menguras tempat penampungan air seperti bak mandi, ember, tempat penampungan air minum, dan tempat-tempat lain yang bisa menjadi tempat perkembang biakan jentik-jentik nyamuk.

2. Menutup tempat penampungan air seperti tangki air, drum, dan lainnya agar nyamuk tidak masuk dan menjadikan genangan air tersebut tempat berkembang biaknya.

3. Mendaur ulang barang bekas atau sampah yang berpotensi untuk tempat perkembang biakan nyamuk penular DBD.

4. Menaburkan bubuk larvasida atau abate pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan.

5. Menggunakan obat antinyamuk untuk ruangan, baik itu obat nyamuk semprot ataupun obat nyamuk bakar. Tidak ada salahnya juga menggunakan lotion anti nyamuk sebagai cara pencegahan terhadap gigitan nyamuk, terutama saat keluar rumah.

6. Untuk mencegah gigitan nyamuk saat tidur, maka sebaiknya gunakanlah kelambu.

7. Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, seperti ikan cupang atau ikan-ikan kecil yang bisa dipelihara di dalam tempat penampungan air juga bisa menjadi solusi untuk mencegah perkembang biakan nyamuk.

8. Menanam tanaman pengusir nyamuk juga bisa dilakukan. Tanamlah beberapa jenis tanaman yang bisa untuk mengusir nyamuk seperti lavender, rosemary, serai, dan lainnya. Tanaman ini memiliki aroma yang tidak disukai nyamuk.

9. Nyamuk menyukai tempat yang gelap dan pengap. Karena itu sebaiknya atur cahaya dan ventilasi dalam rumah sehingga cahaya dan udara bisa masuk dengan bebas.

10. Bersihkan baju-baju yang digantung di dalam kamar agar tidak dihinggapi nyamuk. Bila pakaian sudah kotor sebaiknya segera dicuci daripada harus digantung berhari-hari menunggu sampai pakaian kotor menumpuk. Selain mencegah bau pengap di kamar, itu juga akan membuat tampilan kamar jadi lebih sedap dipandang mata.

loading...
Loading...
bagaimana cara memberantas dan mencegah penyebaran nyamuk demam berdarah, cara pencegahan aedes aegypti, mencegah perkembangbiakan jentik nyamuk dengan bubuk, mencegah perkembangbiakan nyamuk, pencegahan nyamuk aedes, upanya mecegah perkebangan nyamuk

10 Cara Mencegah Penyebaran Nyamuk Aedes Aegypti Penyebab Demam Berdarah | akbar | 4.5