10 Bahan Alami yang Bisa Digunakan untuk Mengusir Semut

Semut, hewan serangga ini seringkali membuat kita kesal karena banyak berkeliaran di sekitar rumah. Terkadang, selain menyakitkan, gigitan semut juga bisa menyebabkan gatal-gatal hingga bentol.

Meski saat ini sudah ada banyak obat serangga atau insectisida yang di jual di pasaran, namun tentunya akan lebih baik bila kita menggunakan yang alami saja. Pasalnya, insectisida adalah bahan beracun yang penggunaannya harus dilakukan dengan hati-hati. Alih-alih bisa mengusir semut, teledor dalam menggunakannya, semisal terkena makanan atau kita lupa mencuci tangan sehabis bersentuhan dengan insectisida justru bisa membuat kita keracunan. Karena itulah, penggunaan bahan alami untuk mengusir semut lebih dianjurkan.

Untuk mengusir semut, ada beberapa bahan alami yang bisa kita gunakan. Selain cara ini lebih aman, bahan-bahan tersebut pun bisa dengan mudah kita temukan, dan bahkan mungkin selalu tersedia di dapur.

1. Baking soda

Aroma yang dikeluarkan oleh baking soda bisa mengganggu penciuman semut. Maka dari itu, anda bisa coba menaburkan baking soda pada daerah yang sekiranya banyak semut berkeliaran.

2. Air perasan jeruk nipis

Semprotkan air dari perasan jeruk nipis pada jalan yang biasa dilalui semut.

3. Garam dan lada

Taburkan ramuan dari campuran garam dan lada pada pojok rumah, bawah meja makan, atau tempat lainnya dimana semut biasanya berada.

4. Daun sirih

Remas daun sirih, lalu letakkan pada bagian rumah yang ingin anda bebaskan dari semut.

5. Kayu manis

Taburkan bubuk kayu manis pada daerah dimana banyak semut berkeliaran.

6. Bubuk kopi

Taburkan bubuk kopi atau ampas kopi sisa minuman anda pada tempat-tempat yang diinginkan.

7. Cengkeh

Anda bisa menghaluskan cengkeh untuk kemudian anda taburkan pada lokasi yang ingin anda sterilkan dari gangguan semut

8. Kulit telur ayam

Kulit telur tidak hanya bisa kita manfaatkan sebagai pestisida alami, namun juga bisa untuk mengusir semut.

Caranya adalah dengan menghancurkan kulit telur dan sangrai hingga berwarna kehitaman. Taburkan pada tempat-tempat yang sekiranya banyak semut.

9. Cuka

Semprotkan cuka pada sarang semut atau tempat yang banyak dilalui oleh semut.

10. Bedak bayi

Selain menghaluskan dan mengharumkan bau si kecil, bedak bayi juga bisa untuk mengusir semut pengganggu. Anda bisa menaburkan bedak bayi di bahwa atau sekitar tempat tidur bayi anda untuk mencegah semut mendekati dan menggigit kulit bayi.

Namun dari sekian cara di atas, yang perlu juga untuk anda perhatikan adalah menjaga kebersihan lingkungan. Tujuan dari keberadaan semut di sekitar kita adalah untuk mencari makan, yaitu berupa remah-remah makanan. Karenanya, pastikan lingkungan rumah kita selalu terjaga kebersihannya. Rajin-rajinlan menyapu lantai rumah dan menbersihkan sisa makanan agar tidak mengundang selera semut untuk mendekatinya.

Semoga informasi tentang bahan alami untuk mengusir semut di atas dapat memberikan manfaat bagi anda.

loading...
About these ads

Loading...
10 Bahan Alami yang Bisa Digunakan untuk Mengusir Semut | akbar | 4.5
apa benar bedak beby bisa mengatasi semut, bedak dan semut, Oke Google semut